Kompas.com - 23/02/2016, 15:27 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Gelandang Barcelona, Arda Turan, melihat kesamaan antara gaya tiki-taka dan permainan catur. Sebab, tiki-taka tidak mudah dipraktekkan seperti kelihatannya.

Turan sering menyaksikan permainan tiki-taka saat masih membela Atletico Madrid. Namun, dia baru bisa memeragakan secara langsung sejak didaftarkan sebagai anggota La Blaugrana pada Januari 2016.

Gelandang berkebangsaan Turki ini pun melihat ada perbedaan ketika masih menjadi saksi dan pelaku tiki-taka.

"Permainan catur terlihat mudah dimainkan, tetapi ternyata tidak. Tiki-taka juga begitu. Setiap orang memiliki tugas, posisi, dan memenuhi kewajiban masing-masing," kata Turan.

Gaya ini mulai mencuat saat diadaptasi oleh Barcelona asuhan Josep Guardiola pada 2008. Selaku suksesor, Luis Enrique kembali menerapkan permainan serupa di Barcelona.

Setali tiga uang, Guardiola dan Enrique mampu memborong tiga gelar sekaligus pada musim pertamanya. Namun, menurut Turan, capaian ini tak lantas menghilangkan rasa lapar Barcelona.

"Kami memiliki satu tujuan, yatu mengulangi capaian musim lalu. Kami ingin memenuhi halaman utama media masa lagi, terutama untuk Liga Champions," ucap Turan.

Berikutnya, Barcelona akan bertandang ke markas Arsenal, Stadion Emirates, pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Selasa (23/2/2016).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.