Kompas.com - 21/02/2016, 22:29 WIB
|
EditorNugyasa Laksamana

MILAN, KOMPAS.com - Presiden AC Milan, Silvio Berlusconi, melontarkan pernyataan kontroversial bernada rasial. Sosok yang menjadi objek sasaran Berlusconi adalah bomber Rossoneri, Mario Balotelli.

Berlusconi tampaknya agak ceroboh dalam bertutur kata. Dia menyebut Balotelli sebagai orang Italia yang terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari.

Mungkin Berlusconi tidak bermaksud untuk menghina Balotelli. Namun, ungkapan konotasinya terhadap Balotelli tersebut dianggap sebagai ejekan berbau rasisme.

"Kami mempunyai beberapa pemain bertalenta, seperti Jeremy Menez dan Mario Balotelli, orang Italia yang menghabiskan waktu terlalu lama di bawah sinar matahari," ujar Berlusconi kepada Sky Sports, Sabtu (20/2/2016).

"Balotelli memiliki atribut atletik yang luar biasa. Saat latihan, saya melihatnya selalu mencetak gol melalui tendangannya. Dia punya kontrol bola yang bagus," ucapnya.

Balotelli memang bukan keturunan asli Italia. Dia lahir dari pasangan yang berasal dari Ghana. Kemudian, pada usia tiga tahun, dia dirawat oleh orang tua asuh yang merupakan warga asli Italia di Brescia.

Berlusconi bukan kali ini saja mengucapkan pernyataan kontroversial bernada rasial. Pada 2008, mantan Perdana Menteri Italia itu pernah pula menyebut Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, sebagai "pemuda berkulit coklat yang berbakat".

Dalam kesempatan itu, Berlusconi juga membicarakan tentang pelatih AC Milan, Sinisa Mihajlovic. Berlusconi berharap Mihajlovic bisa menjaga tren positif AC Milan belakangan ini.

"Apa yang harus dilakukan Mihajlovic untuk meyakinkan saya? Dia harus memenangi setiap pertandingan. Hal itu cukup untuk meyakinkan saya," ucap Berlusconi.

Pada lanjutan Serie A pekan ini, AC Milan akan berkunjung ke markas Napoli di Stadion San Paolo, Senin (22/2/2016) waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky Sports


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.