Kompas.com - 20/02/2016, 21:33 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Mantan bintang internasional Brasil, Romario, tak memasukkan nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam daftar lima pesepak bola terbaik di muka bumi ini. Peraih gelar Pemain Terbaik Dunia 1994 ini pun menyebut kompatriotnya, Neymar, bisa mengalahkan Messi dalam persaingan memperebutkan Ballon d'Or.

Romario, yang termasuk aktor di balik kesuksesan Selecao menjadi juara Piala Dunia 1994, menempatkan legenda sepak bola Brasil, Pele, di posisi teratas daftar pemain terbaik, diikuti dirinya. Sedangkan megabintang Argentina, Diego Maradona, berada di urutan ketiga, disusul Ronaldo dan Zinedine Zidane.

"Saya pikir saya pantas berada dalam daftar karena semua pencapaianku, atas apa yang saya lakukan, karena tidak semua atlet mendapatkan apa yang saya raih," ujar pria 50 tahun ini kepada Esporte Pono Final.

Sementara itu Messi, yang baru saja membuat sejarah dengan mencetak gol ke-301 saat membantu Barcelona menang 3-1 atas Sporting Gijon, Rabu (17/2/2016), tidak "dianggap" oleh Romario. Padahal, striker berusia 28 tahun itu adalah peraih gelar Ballon d'Or terbanyak (5 kali). Dia justru menyebut Neymar akan mengalahkan Messi sebagai pesepak bola terbaik di dunia.

"Neymar memiliki segalanya untuk menjadi lebih besar dari Messi," ujar Romario.

Memang, hanya Ronaldo dan Messi menjadi penguasa Ballon d'Or selama hampir satu dekade terakhir. Akan tetapi, gelar mereka tersebut menjadi "cacat" jika memperhitungkan level internasional karena Ronaldo dan Messi belum pernah memenangi Piala Dunia.

Sedangkan prestasi Romario nyaris sempurna. Satu-satunya trofi yang dia tak pernah raih hingga gantung sepatu adalah Liga Champions. Romario hanya sempat menjadi finalis Liga Champions bersama Barcelona pada musim 1993-1994.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.