Kompas.com - 18/02/2016, 20:22 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
LIVERPOOL, Kompas.com - Liverpool nyaris mustahil tampil dalam ajang Liga Champions pada musim depan jika melihat posisinya di klasemen sementara Premier League saat ini. Berada di peringkat ke-8 dengan raihan 38 poin membuat The Reds membutuhkan sedikit keajaiban untuk menembus zona Liga Champions, karena terpaut sembilan angka dari Manchester City di urutan keempat.

Lantaran Premier League masih menyisakan 12 pertandingan, pasukan Juergen Klopp masih memiliki harapan meraih posisi tersebut. Itu dengan harapan para pesaing di atasnya tak bisa memaksimalkan laga-laga tersisa, sedangkan mereka harus konsisten meraih poin.

Tak ingin terlalu berharap kepada hasil kompetisi domestik, Klopp membidik jalur lain sehingga musim depan bisa tampil pada kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut. Kesempatan yang dinilai cukup realistis adalah menjadi juara Liga Europa musim ini.

Pasalnya, menjuarai turnamen kelas dua Eropa ini memberikan garansi kepada Si Merah mendapatkan jatah bermain pada Liga Champions musim depan. Pada Kamis (18/2/2016) malam waktu setempat atau Jumat (19/2) dini hari WIB, The Reds akan melakoni leg pertama babak 32 besar Liga Europa menghadapi tuan rumah yang merupakan wakil Jerman, Augsburg.

"Terkadang anda dapat melihat bahwa memenangi piala merupakan jalan tersingkat untuk dapat berada di suatu tempat," ujar Klopp menjelang pertandingan melawan Augsburg.

"Tentu saja, menjuarai Liga Europa bukan jalur terpendek untuk mencapai Liga Champions. Tetapi peluang untuk lolos ke Liga Champions membuatnya menjadi lebih menarik."

"Berapa banyak selisih angka di liga antara kami dengan zona Liga Champions? Saya pikir sembilan. Maka, pada saat ini, saya akan berkata bahwa kami memiliki peluang terbaik pada jalur ini."

Jika melihat performa calon lawan, Liverpool lebih difavoritkan untuk menjadi pemenang Augsburg sedang terseok-seok di Bundesliga. Menempati urutan ke-14, tim Bavaria itu tengah berusaha menjauh dari zona degradasi karena dengan raihan 21 poin, mereka hanya unggul satu angka atas Werder Bremen di posisi teratas wilayah merah.

"Pertandingan melawan Liverpool ini tentu saja merupakan pertandingan terbesar dalam sejarah mereka dan itu bermakna sesuatu," tambahnya.

"Anda dapat membayangkan bagaimana mereka akan tampil dan kami harus siap untuk melaju ke putaran selanjutnya, meskipun bukan dengan permainan mudah."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.