Kompas.com - 05/02/2016, 16:54 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Berakhirlah kisah transfer pemain kelahiran Brasil, Alex Teixeira, yang menjadi incaran utama Liverpool. Pemain berusia 26 tahun tersebut memutuskan untuk bergabung dengan klub China, Jiangsu Suning, dengan nilai transfer 50 juta euro (sekitar Rp 762,267 miliar).

Dengan transfer ini maka Teixeira memecahkan rekor transfer non-Eropa pada musim dingin ini. Sebelumnya, rekor dipegang oleh Jackson Martinez, yang ditebus Guangzhou Evergrande dengan nilai 42 juta euro (sekitar Rp 641 miliar) ketika memboyongnya dari Atletico Madrid pada Selasa (2/2).

Awalnya, pemain yang pernah memperkuat Brasil U-17 dan U-20 ini sudah dekat dengan kesepakatan menuju Anfield. Akan tetapi Liverpool tak mampu memenuhi permintaan harga sebesar 50 juta euro yang diberikan Shakhtar, karena raksasa Premier League tersebut hanya mau membayar mahar 32 juta euro (sekitar Rp 487,814 miliar).

Sebenarnya, jumlah tawaran Liverpool sudah melebihi nilai pasar pemain yang nyaris tak pernah absen membela Shakhtar ini. Berdasarkan data Transfermarkt, nilai pasar Teixeira 22,5 juta poundsterling (sekitar Rp 434,950 miliar).

Melihat proses transfer tak berjalan mulus, Jiangsu langsung memanfaatkan situasi dengan melepaskan tawaran yang jumlahnya nyaris dua kali lipat. Ini membuat Shakhtar tak menunggu waktu lama untuk menerima sehingga kesepakatan pun tercapai.

"Shakhtar Donetsk dan Jiangsu Suning FC sudah setuju mengenai semua hal yang diperlukan untuk transfer Alex Teixeira ke klub China. Harga transfer untuk gelandang asal Brasil ini 50 juta euro," demikian pernyataan melalui situs resmi Shakhtar, Jumat (5/2/2016).

Teixeira mulai membela Shakhtar pada 18 Desember 2009. Hingga hengkang ke China, peraih 223 penampilan bersama raksasa Ukraina ini mencetak 89 gol di berbagai ajang serta sederet gelar domestik yakni lima trofi Liga Ukraina dan tiga Piala Super Ukraina. Jumlah gol tersebut termasuk 26 pada musim 2015-2016.

Di Jiangsu, Teixeira akan bereuni dengan rekan senegaranya, Ramires, yang sudah lebih dulu berlabuh di Nanjing Olympic Sports Center, stadion berkapasitas 61.443 tempat duduk milik klub Liga Super China itu. Ramires dibeli dari Chelsea pada akhir Januari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.