Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puja-puji Hiddink untuk Cech

Kompas.com - 23/01/2016, 17:40 WIB
Anju Christian

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Guus Hiddink melontarkan pujian kepada Petr Cech menjelang duel antara Arsenal dan Chelsea pada lanjutan Premier League di Stadion Emirates, Minggu (24/1/2016).

Cech menjadi sorotan karena memutuskan pindah dari Chelsea ke Arsenal pada bursa transfer musim panas 2015. Penjaga gawang berkebangsaan Ceko ini tampil impresif dengan mencatat sepuluh clean sheet pada Premier League 2015-2016.

Kualitas Cech tak dimungkiri oleh Hiddink. Keduanya sempat bekerja sama saat Hiddink menjabat sebagai manajer interim pada 2009.

"Kami sempat melihat di komputer bagaimana pergerakan kakinya saat menebak arah tembakan. Dia merupakan sosok menentukan, ambisius, dan memerhatikan hal detail," kata Hiddink.

"Cech bisa terus melakukannya selama menjaga kebugaran, termasuk pada usia 33. Saya pikir, dia telah membuktikan sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir," tutur pria berkebangsaan Belanda ini.

Baca juga: Petr Cech Melampaui David James

Akan tetapi, Hiddink memaklumi keputusan klubnya ketika melego Cech. Sebab, The Blues memiliki Thibaut Courtouis, yang merebut pos sebagai penjaga gawang utama sejak musim 2014-2015.

"Mereka mengambil keputusan karena ada pemain yang lebih muda bermain baik. Mudah untuk memberikan penilaian setelah satu tahun berlalu. Namun, saya harus mengatakan bahwa Cech bereaksi sangat baik," ucap Hiddink.

Kini, Cech tercatat sebagai penjaga gawang dengan jumlah clean sheet terbanyak di Premier League. Dia membukukan 172 clean sheet, 162 di antaranya bersama Chelsea.

Baca juga: Sarung Tangan Baru Cech Nyasar ke Markas Chelsea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com