Kompas.com - 08/01/2016, 12:32 WIB
|
EditorAnju Christian

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Juergen Klopp kembali menerapkan gaya gegenpressing bersama Liverpool. Gaya ini sempat diperagakan Borussia Dortmund ketika diasuh Klopp.

Butuh determinasi, intensitas, daya juang, dan jelas stamina prima untuk menunjang gaya gegenpressing. Para pemain harus menekan lawan di setiap sudut lapangan dan melancarkan serangan balik kilat.

Baca juga: Mari Berlari bersama Juergen Klopp!

Salah satu patokan yang paling terlihat adalah dari daya jelajah para pemain. Menurut Opta, pemain Liverpool berlari enam kilometer lebih banyak dibandingkan pada era Rodgers.

Mereka juga lebih sering melakukan sprint (548 kali) di bawah Klopp dibandingkan Rodgers (474 kali). Kerja ekstra para pemain ini merupakan konsekuensi dari gegenpressing.

Klopp dan staf pelatih The Reds barangkali sudah menyiapkan sederet porsi latihan untuk menunjang gaya gegenpressing. Namun, Klopp justru menuai hasil berupa cedera para pemain.

Baca juga: Klopp Mengamuk, Polisi Turun Tangan

Ada sebelas pemain Liverpool yang saat ini cedera, enam di antaranya menderita cedera otot paha dengan berbagai level.

Apabila ditarik tiga bulan ke belakang, Klopp sudah melihat 24 kasus cedera menimpa anak asuhnya. Tak heran, kondisi ini mengundang kritik dari eks gelandang Liverpool, Graeme Souness.

"Manajer baru datang dan semua pembicaraan seolah soal gegenpressing. Itu adalah strategi yang butuh kerja sangat keras untuk diterapkan selama 90 menit," katanya Souness dilansir The Guardian.

"Para pemain mungkin bisa melakukannya satu jam atau 70 menit. Namun, untuk bisa melakukannya selama 90 menit, butuh pengorbanan besar dari kaki-kaki para pemain. Saya pikir, ini menjadi masalah mereka saat ini," ucapnya lagi. (Rizki Indra Sofa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.