Kompas.com - 06/01/2016, 19:23 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dinilai sama-sama layak meraih gelar Ballon d'Or karena kehebatannya masing-masing. FABRICE COFFRINI / AFPLionel Messi dan Cristiano Ronaldo dinilai sama-sama layak meraih gelar Ballon d'Or karena kehebatannya masing-masing.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati
KOMPAS.com — Eks Manajer Manchester City, Newcastle United, dan tim nasional Inggris, Kevin Keegan, menilai bahwa seharusnya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berbagi gelar Ballon d'Or karena keduanya sama-sama punya kualitas bintang.

Selama empat tahun terakhir, tiga besar calon penerima Ballon d'Or selalu dihiasi nama Messi dan Ronaldo.

Messi sudah mengoleksi gelar tersebut sebanyak empat kali (2009, 2010, 2011, dan 2012). Adapun Ronaldo sudah meraihnya sebanyak tiga kali (2008, 2013, dan 2014).

Untuk FIFA Ballon d'Or 2015, Ronaldo kembali akan bersaing dengan Messi, bersama dengan rekan setim Messi di Barcelona, Neymar.

Keegan pun berpendapat bahwa sebaiknya Ronaldo dan Messi berbagi Ballon d'Or. Dia menilai, kedua pemain itu sama-sama layak memenanginya.

"Semua orang ingin Anda berkata, 'Siapa yang terbaik menurut Anda?' Namun, saya selalu mengatakan, 'Betapa beruntungnya kita memiliki dua pemain seperti itu,'" ujar Keegan kepada www.sc.qa, Rabu (6/1/2016).

"Hal ini bukan sesuatu yang sering terjadi, dan saya rasa mereka benar-benar harus berbagi selama empat tahun terakhir. Anda bisa katakan, 'Ronaldo dan Messi adalah pemenang bersama,' karena keduanya punya level yang berbeda," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, Keegan sadar pemenang bersama dalam Ballon d'Or adalah hal yang tak mungkin terjadi. Pria 64 tahun itu pun memprediksi Messi sebagai pemenang pada tahun ini.

"Sebenarnya saya ingin melihat orang lain yang menang, tetapi saya kira pemenang Ballon d'Or kali ini giliran Messi. Dia dan Ronaldo selalu bergantian memenanginya," tutur Keegan.

Penghargaan FIFA Ballon d'Or 2015 akan diberikan pada 11 Januari 2016. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.