Kompas.com - 03/01/2016, 08:43 WIB
Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menerima penghargaan pencetak gol terbanyak Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, pada 2 Oktober 2015. GERARD JULIEN/AFPPemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menerima penghargaan pencetak gol terbanyak Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, pada 2 Oktober 2015.
EditorJalu Wisnu Wirajati


MADRID, KOMPAS.com
- Cristiano Ronaldo mengaku tak punya pemain khusus yang diidolai. Bintang Real Madrid itu justru selalu melihat ke diri sendiri untuk memotivasinya menjadi lebih baik.

Peraih tiga kali gelar Ballon d'Or itu mengatakan dirinya tidak pernah memerlukan seorang tokoh untuk dijadikan idola semasa tumbuh dari kecil hingga dewasa dan aktif bermain bola.

Namun, dia sempat memilih beberapa seniornya dari tim nasional Portugal untuk dijadikan referensi. Hal itu tak lepas dari keinginan Ronaldo untuk membela negara kelahirannya.

"Pada usia muda, saya melihat beberapa referensi di tim nasional, misalnya, (Luis) Figo, Rui Costa, Fernando Couto. Menjadi sebuah impian buat saya untuk membela tim nasional," ujar Ronaldo seperti dilansir Goal.

"Di tim nasional, saya melihat mereka. Saya juga berbicara kepada diri saya sendiri, 'Saya ingin menjadi pemain profesional dan saya ingin bermain untuk tim nasional.' Akan tetapi, saya tidak memiliki satu orang tertentu untuk diikuti," tutur kapten Seleccao das Quinas itu.

Ronaldo juga mengambil pelajaran dari atlet cabang olahraga lain di luar sepak bola. Selain untuk memetik pelajaran, Ronaldo juga sangat menggemari olahraga dan menikmatinya.

"Anda harus bisa memahami bahwa diri ini tidak mengetahui segalanya, sehingga orang lain dapat membantu Anda. Saya hanya memilih hal-hal terbaik dari olahraga lainnya," ucap penyandang titel FIFA Puskas Award pada 2009 itu.

Setelah memahami hal positif dari atlet lain, Ronaldo bakal mengembalikan semuanya ke diri sendiri. Introspeksi diri dan selalu melihat diri sendiri seolah menjadi sumber motivasi Ronaldo.

"Saya selalu memotivasi diri sendiri sejak awal, ketika saya masih muda sampai sekarang. Saya sering terinspirasi oleh diri saya sendiri," kata Ronaldo lagi. (Septian Tambunan) 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.