Kompas.com - 31/12/2015, 20:10 WIB
|
EditorNugyasa Laksamana

MILAN, KOMPAS.com - Agen dari Mario Balotelli, Mino Raiola, membela kliennya yang kerap menjadi korban rasisme. Raiola pun menyarankan Balotelli untuk membuktikan kemampuannya dua kali lipat dari orang lain untuk menghadapi hal tersebut.

Selama ini, striker AC Milan yang dipinjam dari Liverpool itu menjalani karier yang kurang menyenangkan. Terlepas dari sikap kontroversialnya, Balotelli kerap menerima ejekan dari para suporter klub lawan karena perbedaan warna kulit.

Sang agen pun angkat bicara mengenai hal tersebut. Dia menilai rasisme masih menjadi permasalahan yang besar di sepak bola Italia.

"Orang-orang terlalu banyak menilai Balotelli. Dia tinggal di sebuah negara yang tak siap memiliki seorang pemain berkulit hitam yang kuat," ujar Raiola, seperti dikutip dari Tuttosport, Kamis (31/12/2015).

"Rasisme masih ada di sepak bola. Sebagian orang tak menyadarinya. Namun, saya menilai pemain berkulit hitam memang harus melakukan dua kali lipat dari orang lain untuk membuktikan kemampuannya," tuturnya.

Balotelli tak cuma sekali atau dua kali saja menjadi korban rasisme. Sejak masih memperkuat Inter Milan pada 2007-2013, Balotelli selalu menjadi sasaran ejekan bernada rasisme.

Sebenarnya cukup banyak pemain lainnya yang pernah mengalami perlakuan serupa seperti Balotelli. Pemain-pemain itu di antaranya adalah Raheem Sterling (Manchester City), Kevin-Prince Boateng (eks AC Milan dan Schalke), hingga Dani Alves (Barcelona).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.