Juventus Dinilai Masih Mencari Ikon

Kompas.com - 28/12/2015, 21:46 WIB
Mantan penyerang tim nasional Italia, Alessandro Del Piero. AFP PHOTO / William WESTMantan penyerang tim nasional Italia, Alessandro Del Piero.
|
EditorAnju Christian

KOMPAS.com - Alessandro Del Piero menyatakan bahwa mantan klubnya, Juventus, belum memiliki pemain yang pantas disebut sebagai ikon.

Del Piero sendiri sempat menjadi ikon Juventus selama sembilan tahun. Ketika striker kelahiran Conegliano ini memutuskan hengkang pada 2012, seragam bernomor 10 sempat tak bertuan.

Menurut Del Piero, ada sejumlah sosok pemimpin di Juventus seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci. Namun, mereka dinilai terlalu uzur untuk menjadi bintang masa depan.

"Saya pikir, Juventus masih mencari simbol setidaknya untuk masa mendatang. Saat ini, tim ini masih bergantung kepada pemain tua. Mereka merupakan sosok fundamental dalam hal kepribadian," tutur Del Piero.

Sejak musim 2015-2016, kostum bernomor 10 berpindah ke Paul Pogba. Sosok Pogba, dinilai Del Piero, memiliki teknik untuk menjadi pemegang angka keramat tersebut.

"Apabila kita melihat nomor sepuluh sebagai pemain yang memberi kejutan melalui aksinya, Pogba adalah sosok sempurna. Namun, ada beberapa hal lain yang lebih penting. Nomor 10 lebih dari sekadar ekspresi teknik," tutur Del Piero.

Selama berseragam Juventus, Del Piero melakoni 705 pertandingan berbagai ajang. Dia turut memenangi enam gelar Serie A, satu Liga Champions, dan satu Coppa Italia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X