Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Orang-orang Berpikir Luis Suarez Kurang Bagus..."

Kompas.com - 28/12/2015, 16:37 WIB


BARCELONA, KOMPAS.com
- Luis Suarez sempat dicap sebagai striker yang kurang bagus saat masih membela Nacional. Hal itu membuat dia nyaris diputus kontrak oleh klub asal Uruguay itu.

Kisah tersebut diungkapkan Ruben Sosa, mantan penyerang tim nasional Uruguay. Hal itu terjadi pada 2005 atau ketika Suarez bergabung dengan klub profesional pertamanya, Nacional.

Dalam usia 18 tahun, Suarez melakoni debut bersama tim utama pada Mei 2005. Lantaran tak kunjung mencetak gol dalam lima pertandingan pertama, pihak klub sempat berencana melepas sang striker.

"Mereka ingin mengirim Suarez pulang karena si pemain tidak mampu membuat gol," tutur Sosa yang juga pernah memperkuat Nacional selama rentang waktu 1997–2001, seperti dikutip Marca, Minggu (27/12/2015).

"Di Uruguay, orang-orang berpikir bahwa Suarez kurang bagus. Dia tidak mencetak gol dan melewatkan lima sampai enam peluang dalam satu pertandingan," kata Sosa lagi.

Nacional akhirnya mengurungkan niat untuk menjual Suarez. Penyerang kelahiran Salto pada 24 Januari 1987 itu akhirnya membukukan gol pertama di Nacional pada September 2005.

Striker berjuluk El Pistolero itu memperkuat klub selama satu tahun. Pada 2006, dia bdergabung ke Groningen di Belanda. Setelah itu, dia menunjukkan ketajamannya bersama Ajax Amsterdam dan Liverpool.

Nama Suarez masuk ke jajaran pemain kelas dunia sejak bergabung ke Barcelona pada musim panas 2014. Ia turut berjasa mengantarkan Blaugrana meraih treble pada musim 2014-2015.

Pada musim tersebut Suarez mencetak 30 gol dan memberi 21 assist dari 46 laga di semua kompetisi, termasuk mencetak gol penentu pada duel final Liga Champions kontra Juventus.

"Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia saat ini," kata Sosa mengomentari penampilan Suarez.

Sosa merupakan striker tim nasional Uruguay antara 1984 dan 1995. Dari 46 laga, dia membukukan 19 gol. Catatan Sosa itu tertinggal 25 gol dari Suarez yang kini menjadi pencetak gol terbanyak Uruguay sepanjang sejarah. (Ade Jayadireja) 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Juara.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com