Kompas.com - 22/12/2015, 00:09 WIB
Sepp Blatter mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015). AFP PHOTO / VALERIANO DI DOMENICOSepp Blatter mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015).
|
EditorAnju Christian

ZURICH, KOMPAS.com - Presiden FIFA, Sepp Blatter, meminta maaf kepada publik setelah dirinya dijatuhi sanksi larangan delapan tahun beraktivitas di dunia sepak bola, pada Senin (21/12/2015).

Selain Blatter, Komite Etik FIFA juga menjatuhkan sanksi yang sama kepada Wakil Presiden FIFA sekaligus Presiden UEFA, Michel Platini.

Keduanya diganjar sanksi dengan tuduhan terlibat praktik korupsi pada 2011. Saat itu, Platini menerima uang dari Blatter, yang diduga merupakan suap sebesar 1,35 juta poundsterling (sekitar Rp 27,6 miliar).

"Saya benar-benar meminta maaf untuk sepak bola dan FIFA. Demi kemanusiaan, saya meminta maaf," ujar Blatter di Zurich, Swiss, satu jam setelah sanksi dijatuhkan.

Dalam kesempatan itu, Blatter menyatakan bahwa dirinya sama sekali tak bersalah. Dia merasa telah dituduh Komite Etik FIFA sebagai pembohong.

"Saya menyesal. Selama 41 tahun terakhir, saya melayani organisasi ini dengan hati nurani. Saya bicara dengan pengacara saya pada pagi ini dan kami tak terkejut dengan sanksi ini," kata Blatter.

"Mereka menuduh kami sebagai pembohong. Ini tak benar. Saya tidak malu. Saya hanya menyesal karena saya merupakan orang yang punya prinsip. Apakah saya merasa dikhianati? Jawabannya ya," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain dijatuhi sanksi delapan tahun, Blatter dan Platini juga dikenai denda. Blatter wajib membayar denda sebesar 33.700 poundsterling, sedangkan Platini 54.000 poundsterling.

Baca tentang


Sumber L'Equipe
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.