Kompas.com - 12/12/2015, 07:01 WIB
Gareth Bale memberi aplaus kepada penonton yang menjadi sumber kekuatan Wales lolos ke Piala Eropa 2016, Selasa (13/10/2015). Dok. UEFAGareth Bale memberi aplaus kepada penonton yang menjadi sumber kekuatan Wales lolos ke Piala Eropa 2016, Selasa (13/10/2015).
EditorJalu Wisnu Wirajati


CARDIFF, KOMPAS.com
- Gareth Bale mengakui bahwa tim nasional Wales tak akan gentar menghadapi negara mana pun di putaran final Piala Eropa 2016, termasuk Inggris yang menjadi "induk semang".

Selama ini, Wales kerap berada di balik bayang-bayang Inggris. Negeri di sebelah barat Inggris itu kalah pamor daripada tetangganya di Britania Raya lain seperti Skotlandia, Rep. Irlandia, dan Irlandia Utara.

"Jika ternyata hasil undian mempertemukan dengan Inggris, maka kami akan senang. Mengapa tidak?" ujar Bale seperti dilansir Dailymail, Jumat (11/12/2015).

Kecuali Skotlandia, 4 negara lainnya memastikan lolos ke putaran final di Perancis. Irlandia, Wales, dan Irlandia Utara berada di pot 4 saat pengundian, sedangkan Inggris di pot pertama. Hal ini memungkinkan Wales bersua The Three Lions.

"Rasanya kami mampu mengalahkan Inggris dan semua tekanan justru ada di pihak mereka. Namun kami akan melakukan yang terbaik, siapa pun lawan kami," ucap pemain Real Madrid itu.

"Kami tidak ada tekanan karena akan berangkat ke Perancis untuk menikmati turnamen ini dan mencoba membuat negara kami bangga," tuturnya lagi.

Wales berhasil lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 sebagai runner-up Grup B. Mereka berhasil mengumpulkan 21 poin dari enam kemenangan plus tiga hasil imbang pada babak kualifikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak 1960, Wales belum pernah tampil di putaran final Piala Eropa. Tahun depan akan menjadi aksi perdana Wales pada turnamen ini.

"Sejujurnya, kami belum memikirkan sejauh mana tim ini akan mampu melangkah. Akan tetapi, tentu saja kami bisa bermimpi bisa melakukan hal seperti yang dilakukan Yunani atau Denmark," ujar Bale merujuk keberhasilan dua negara itu menjadi juara Eropa.

"Kami akan tampil di Perancis dengan mentalitas yang diperlihatkan selama babak kualifikasi dan mencoba untuk memenangi semua laga," ucapnya lagi.

Undian putaran final Piala Eropa 2016 akan dilangsungkan di Paris pada Sabtu (12/12/2015) pukul 18.00 waktu setempat atau tengah malam WIB. (Wieta Rachmatia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Juara.net
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.