Kompas.com - 21/11/2015, 09:26 WIB
Pemain Arsenal asal Cile, Alexis Sanchez. CRIS BOURONCLE/AFP/Pemain Arsenal asal Cile, Alexis Sanchez.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati


Oleh: Gita Suwondo (beIN SPORTS Football Expert) 

KOMPAS.com – Jeda internasional terakhir tahun 2015 baru saja usai pertengahan minggu ini. 

Sejumlah laga persahabatan, 8 laga play-off menuju Piala Eropa 2016, dan serentetan laga Pra-Piala Dunia di belahan Asia, Afrika, dan Amerika yang pastinya melelahkan baru saja dijalani para pemain di liga-liga besar Eropa.

Hal itu membuat para pemain dihantui sebuah hal yang menakutkan. “Hantu” itu bernama virus FIFA yang menerjang beberapa nama kunci di klub masing-masing dalam usaha mereka menjadi juara, masuk zona liga Champions, lolos ke zona Liga Eropa, atau bahkan sekadar bertahan di strata teratas liga masing masing negara.

Di Premier League, satu klub yang tengah berjuang keluar dari zona degradasi dan sejauh 12 pertandingan baru menangguk 5 poin dari satu kali menang dan 2 kali imbang serta sudah berganti manajer, harus kehilangan seorang andalannya. 

Aston Villa harus kehilangan bek kiriJordan Amavi,  yang divonis tidak bisa memperkuat The Villans hingga akhir musim akibat cedera ligamen lutut kanannya ketika memperkuat Prancis U-21 dalam laga menghadapi Irlandia Utara U-21.      

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan merupakan kehilangan sangat bagi manajer baru di Villa Park, Remi Garde, yang dinilai cukup sukses di laga perdananya menangani Jack Grealish dkk ketika menahan imbang pimpinan klasemen sementara, Manchester City tanpa gol. 

Amavi yang direkrut dari Nice pada bursa transfer musim panas lalu sebesar 7,7 juta poundsterling adalah andalan Tim Sherwood pada 11 laga Premier League musim ini maupun bagi Garde pada sisa musim kompetisi.  Dua asisst sudah dibukukan bek kiri berusia 21 tahun ini dalam 12 penampilan di liga dan Piala Liga. 

Memang, masih ada pengganti, seperti Kieran Richardson dan  Joleon Lescott yang pernah menempati posisi bek kiri dalam kariernya di Everton dan West Bromwich Albion. Namun, faktor usia keduanya serta kelambanan untuk kembali keb elakang setelah akselerasi serangan pasti lebih berisiko bagi tim.  

Solusi lain adalah Ciaran Clark, tapi jelas memengaruhi pilihan bek tengah.  Dia sudah padu di posisi tersebut. Satu lagi pemain yang bisa menjadi pengganti adalah Jose Angel Crespo yang belum melakukan debutnya sama sekali di Premier League.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.