Kompas.com - 16/11/2015, 20:02 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

MADRID, KOMPAS.com - Bek kiri legendaris Brasil, Roberto Carlos, berbicara soal ikon nomor 7 Real Madrid pada era berbeda, Raul Gonzalez dan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Real Madrid. Pada awal Oktober lalu, dia melewati pencapaian 323 gol Raul bersama Real Madrid. Saat ini, Ronaldo sudah mengemas 326 gol di berbagai kompetisi berkostum El Real.

Kendati demikian, rekor gol Ronaldo itu takkan membuat publik Santiago Bernabeu melupakan Raul. Di mata Carlos, Raul tetap punya nilai lebih seorang legenda Real Madrid dibandingkan Ronaldo.

"Raul berasal dari sini, Madrid. Dia tumbuh bersama klub. Dia melihat dan melakukan semuanya di Real Madrid. Itulah yang membuat dia berbeda dari Cristiano yang datang dari Manchester United," tutur Carlos seperti dilansir Marca, Minggu (15/11/2015).

"Ronaldo telah membuat sejarah di atas lapangan, tetapi Raul telah melakukannya di luar dan dalam lapangan, karena dia dari Madrid," ujar Carlos yang mengaku siap beradu kekuatan tendangan bebas bersama Ronaldo ini.

Raul baru saja memutuskan pensiun dalam usia 36 tahun. Laga terakhir dia ditandai dengan keberhasilan mengantarkan New York Cosmos menjuarai North American Soccer League pada Minggu (15/11/2015).

Carlos pun mengingat kembali ketika ia masih bermain bersama Raul di ibukota Spanyol, sebelum akhirnya membahas skuat Los Merengues saat ini.

"Kami memiliki tim hebat. Saya tidak tahu apakah itu lebih baik atau lebih buruk daripada era lainnya, tetapi kami menikmatinya," ujar Carlos kepada Marca.

Carlos juga melihat Raul sebagai sosok pelatih masa depan di Real Madrid.

"Dia merupakan legenda hidup klub. Mengingat sosoknya yang pekerja keras, saya yakin semua hal akan berjalan baik," kata pelatih klub Indian Super League, Delhi Dynamos, itu.

Carlos membela Real Madrid antara 1996 dan 2007. Saat itu, dia dikenal sebagai salah satu eksekutor tendangan bebas Real Madrid. (Septian Tambunan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.