Kompas.com - 15/11/2015, 15:53 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati


PARIS, KOMPAS.com
- Insiden bom dan penembakan yang terjadi di Paris pada Jumat (13/11/2015) malam tak menyurutkan keyakinan Perancis untuk menggelar Piala Eropa 2016. 

Insiden bom dan penembakan di tiga tempat pada Jumat malam itu mengakibatkan sedikitnya 129 korban jiwa, tiga di antaranya di luar Stade de France kala Perancis bertemu Jerman pada laga persahabatan. 

Insiden itu sempat menimbulkan polemik soal kesiapan Perancis untuk menggelar Piala Eropa pada Juni 2016. Namun, Ketua Panitia Pelaksana Jacques Lambert menegaskan insiden tersebut takkan mengubah status negaranya. 

“Kami akan membuat putusan yang dibutuhkan agar putaran final Piala Eropa nanti akan bisa dilangsungkan dengan kondisi keamanan terbaik,” ujar Lambert kepada RTL

“Keamanan di stadion bekerja dengan baik. Namun, tingkat kerawanan lebih tinggi terjadi di jalanan dan tempat-tempat kerumunan,” tuturnya lagi. 

Menurut Lambert, kondisi keamanan Perancis sebenarnya sudah menunjukkan kerawanan sejak penyerangan redaksi Charlie Hebdo pada Januari lalu. Insiden pada Jumat lalu semakin meningkatkan kerawanan bahkan Presiden Francois Hollande menyatakan status darurat nasional. 

“Membatalkan Piala Eropa 2016 hanya akan membuat kita mengikuti keinginan pembuat teror itu,” ucap Lambert. 

Federasi sepak bola Perancis (FFF) dan panpel Piala Eropa 2016 akan bertemu pada Senin (16/11/2015) untuk membahas pengamanan terhadap suporter dan kontestan putaran final. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.