Kompas.com - 12/11/2015, 04:31 WIB
Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque. GENYA SAVILOV/AFPPelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque.
EditorJalu Wisnu Wirajati


KOMPAS.com
- Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, tak ambil pusing dengan rencana Catalonia memerdekan diri, asalkan klub-klub profesional di wilayah tersebut tetap berada di La Liga.

Barcelona dan Espanyol adalah dua klub asal Catalan yang tak bisa dipisahkan dari sejarah La Liga. Namun, eksistensi mereka terancam oleh rencana daerah otonomi Catalonia yang ingin memisahkan diri dari negara Spanyol.

Presiden Badan Liga Spanyol (LFP), Javier Tebas, serta Sekretaris Negara Bidang Olahraga, Miguel Cardenal, sebelumnya telah memperingatkan bahwa klub-klub asal Catalonia tidak akan diizinkan bermain di Spanyol jika kemerdekaan tersebut terjadi.

Namun, Del Bosque punya pendapat yang lebih "demokratis". Dia menilai Catalonia tak masalah memerdekan diri asalkan klub-klub seperti Barcelona atau Espanyol tetap di bawah naungan La Liga.

"Akan sangat buruk bagi semua pihak jika tim-tim asal Catalonia ditendang keluar dari La Liga. Perihal kemerdekaan Catalonia adalah sesuatu yang tidak kami pandang di tim nasional," kata Del Bosque kepada Cadena SER.

Keinginan Catalonia memerdekakan diri itu menurut Del Bosque tak memengaruhi kekompakan timnya.

"Ada perasaan yang baik di antara semua orang di dalam skuat, baik mereka berasal dari Catalonia, Galicia, dan lainnya," tutur eks pelatih Real Madrid itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Del Bosque juga melihat perilaku diskriminatif suporter Spanyol kepada Gerard Pique justru kian mempererat kedekatan seluruh pemain/

"Hal tersebut telah membawa semua orang bersatu. Semua juga merasakan perasaan yang sama dengan rekannya itu," ucap Del Bosque lagi.

Del Bosque akan memimpin skuat Spanyol pada laga persahabatan melawan Inggris di Alicarte, Jumat (14/11/2015), lalu disambung lawatan ke Belgia pada 17 November mendatang. (Verdi Hendrawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.