Kompas.com - 31/10/2015, 10:50 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati


MANCHESTER, KOMPAS.com
- Manajer Manchester United, Louis van Gaal, menilai keinginan Wayne Rooney untuk mencetak gol telah menjadi bumerang bagi dirinya sendiri.

Musim ini, Rooney berada dalam tekanan. Kapten Red Devils itu baru mengemas 2 gol hingga pekan ke-10 Premier League.

Catatan minim itu memaksa Rooney untuk meningkatkan intensitas tembakannya. Dengan rata-rata 2,1 tembakan per laga, dia tercatat sebagai pemain Manchester United tersering yang bikin peluang setelah Memphis Depay (3,1).

Usaha keras itu ternyata menjadi bumerang. Setidaknya, pendapat itu dikemukakan Van Gaal.

"Pemain adalah manusia biasa. Tentu manusia punya keinginan untuk mencetak gol. Namun, mereka sangat menginginkannya sehingga hasil yang diharapkan tidak selalu baik," kata Van Gaal.

"Rooney mungkin melakukannya terlalu sering. Sebagai pemain, Anda tentu tak tahu seberapa jauh bisa memperbaiki kemampuan dalam menyelesaikan peluang," tutur manajer asal Belanda itu.

Van Gaal mengaku dirinya tengah mencoba membantu Rooney. Namun, hasil akhirnya haruslah tetap berasal dari si pemain, bukan pengaruh dari pihak ketiga termasuk manajer.

"Namun, hal itu juga tak bisa dilakukan terlalu keras karena akan menimbulkan sikap defensif secara mentalitas. Ketika hal tersebut sudah terjadi, akan sulit bagi manajer maupun pemain itu memperbaikinya," ulas Van Gaal.

Dia lalu membandingkan kondisi Rooney saat ini dengan Mario Gomez di Bayern Muenchen. Menurut Van Gaal, Gomez dalam satu pertandingan maksimal hanya menyentuh bola 14 kali, tetapi selalu mencetak gol.

Sementara itu, menurut Squawka, Rooney dalam satu pertandingan rata-rata melepaskan 39,44 umpan.

"Saya tak berpikir striker kami kurang menyentuh bola, justru sebaliknya. Kini tinggal bagaimana mereka memutuskan dan seberapa cepat mengambil putusan dari situasi yang terjadi," kata Van Gaal lagi.

Manchester United akan menjalani pertandingan pekan ke-11 Premier League dengan melawat ke kandang Crystal Palace, Sabtu (31/10/2015). Meski dalam sorotan, Rooney kemungkinan tetap dipasang oleh Van Gaal pada laga tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.