Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Portugal Bicara soal Posisi Terbaik Ronaldo

Kompas.com - 29/10/2015, 07:29 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber AS
KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Portugal, Fernando Santos, menyebut Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang lebih berbahaya ketika beroperasi di sayap kiri. Ronaldo juga dianggap bukanlah sosok striker sejati.

Lantaran tak memiliki striker subur, Santos kerap memasang Ronaldo di lini depan. Dia sempat menempati posisi tersebut saat Portugal mengalahkan Denmark pada kualifikasi Piala Eropa 2016, 8 Oktober 2015.

"Akan tetapi, dia tidak pernah menjadi penyerang tengah atau nomor sembilan tradisional yang menunggu di kotak penalti. Dia juga bukan seorang pemain sayap klasik seperti Luis Figo. Ronaldo lebih berbahaya ketika memotong dari sektor sayap ke tengah," kata Santos.

Santos sendiri memiliki dua opsi taktik untuk timnya, yaitu 4-3-3 dan 4-4-2. Dengan skema 4-3-3, Ronaldo dianggap bisa beroperasi di barisan tiga pemain depan. Namun, dia dinilai tak mampu menempati posisi sayap dalam formasi 4-4-2.

"Ronaldo tidak bisa menjadi pemain sayap yang memiliki tugas bertahan. Dia menggunakan terlalu banyak energinya untuk menyerang, menjadi pemain terbaik dunia, dan mencetak gol paling banyak," tutur Santos.

Pada Piala Eropa 2016 nanti, Santos belum menentukan posisi yang tepat untuk Ronaldo. Dia mengaku masih mencocokkan potensi Ronaldo dengan karakter pemain lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com