Ada Protes, Panitia Batalkan Hasil Undian Habibie Cup - Kompas.com

Ada Protes, Panitia Batalkan Hasil Undian Habibie Cup

Kompas.com - 26/10/2015, 16:54 WIB
STREAMUK Ilustrasi bola.
MAKASSAR, Kompas.com - Panitia pelaksana turnamen Habibie Cup 2015 yang rencananya berlangsung di Stadion Gelora Mandiri Parepare, Sulawesi Selatan, 28 Oktober - 10 November, membatalkan hasil undian pembagian grup yang telah dirilis. Hal tersebut dilakukan setelah muncul sejumlah protes dari klub peserta turnamen.

Sekretaris Panpel Habibie Cup, Ibrahm Manisi saat dihubungi dari Makassar, Senin (26/10), mengakui pembatalan itu bukan hanya karena adanya protes dari klub peserta tetapi memang telah terjadi kesalahan komunikasi dengan pihak seksi pertandingan.

"Ternyata catatan dari seksi pertandingan soal pembagian grup belum mendapat persetujuan dari ketua Panpel namun terlanjur saya informasikan ke media. Saya pribadi ataupun panpel meminta maaf atas kesalahan ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk hasil pembagian grup ini sebenarnya tidak salah seluruhnya. Sebab, untuk para pemimpin setiap pool sudah sesuai dengan kesepakatan pihak penyelenggara yakni menempatkan tuan rumah Persipare Parepara di Grup A, Sidrap United di Grup B, Persipal Jafpa Palu (Grup C) serta PSM Makassar menempati Pool D.

Untuk pemilihan pemimpin pool, kata dia, dilakukan berdasarkan sejumlah pertimbangan di antaranya Persipare merupakan tim tuan rumah. Adapun Sidrap United mewakili wilayah Ajattapareng, PSM mewakili wilayah Selatan dan memang selalu rutin ikut turnamen. Sedangkan untuk Persipal Jafpa Palu, lanjut dia, mendapatkan kepercayan mengisi Pool C karena menjadi wakil tim dari luar Sulsel.

Mengenai tim mana saja yang akan menemani para tim itu di grup atau pool masing-masing, kata dia, baru akan diketahui setelah proses drawing yang juga dirangkaikan dengan pelaksanaan rapat manajer bersama seluruh peserta pada 27 Oktober.

"Untuk proses drawing-nya akan kami laksanakan bersamaan dengan acara technical meeting pada Selasa malam. Seluruh tim akan hadir dan menyaksikan secara langsung proses pengundian grup masing-masing," katanya.

Sebelumnya, panpel merilis pembagian grup. Pool A dihuni Persibone, PS ASA Sulbar dan Persipare. Pool B dihuni tiga tim bertabur bintang yakni Sidrap United, Gaswa Enrekang dan Perssin Sinjai. Adapun Pool C dihuni Persipal Jafpa (Palu), Persim Maros, dan Persiban Kabupaten Bantaeng, serta Pool D terdiri dari PSM, Sandep Polman dan Gaswa Wajo.

Keputusan itu langsung mendapat protes dari Gabungan Sepak Bola Massenrempulu (Gasma) Enrekang yang mengaku tidak setuju dengan sistem atau cara pembagian grup yang dilakukan panitia karena tidak melibatkan tim peserta.


EditorAloysius Gonsaga AE
SumberAntara

Close Ads X