Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Neymar-Rakitic Menangkan Barcelona

Kompas.com - 21/10/2015, 03:38 WIB

BARYSAW, KOMPAS.com - Barcelona menang 2-0 di kandang BATE Borisov pada lanjutan pertandingan Grup E Liga Champions 2014-15. Dua gol Barcelona diborong Ivan Rakitic, memanfaatkan umpan Neymar. 

Rakitic, yang masuk sebagai pemain pengganti, memborong 2 gol kemenangan Barcelona pada laga tersebut. Dia menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-48 dan ke-64.

Sebelum gol Rakitic, pertandingan di Borisov-Arena ini berjalan ketat karena Barcelona gagal memanfaatkan sejumlah peluang. Meski kalah kualitas, BATE bisa meladeni permainan sang juara bertahan.

Kemenangan atas BATE ini menyisakan pekerjaan rumah lebih banyak kepada pelatih Barcelona, Luis Enrique. Sergi Roberto menambah panjang daftar pemain cedera di skuatnya.

Sergi Roberto mengalami cedera ketika laga baru berjalan 18 menit. Dia pun ditarik keluar dan digantikan oleh Rakitic. Namun, pergantian inilah yang menjadi kunci sukses kemenangan Barcelona.

Tim tamu sempat frustrasi untuk bisa menembus pertahanan tuan rumah. Baru ketika babak kedua berjalan 3 menit, Barcelona bisa memecah kebuntuan.

Bermula dari umpan Neymar, Rakitic melepaskan tendangan dari jarak sekitar 30 meter. Tendangan dia begitu kencang sehingga tak bisa diantisipasi oleh Sergei Chernik.

Gol Rakitic itu memantik semangat kedua tim untuk meningkatkan intensitas serangan. Namun, Barcelona yang berhasil menambah keunggulan.

Neymar kembali menjadi kreator gol kedua Rakitic pada menit ke-65. Melihat pergerakan rekannya di tiang jauh, Neymar melepaskan umpan daerah yang langsung diteruskan Rakitic lewat tendangan chip melewati kepala Chernik.

Dua gol Rakitic itu menjadi pembeda hasil akhir kedua tim. Barcelona menang 2-0 atas BATE.

Dengan hasi ini, Barcelona memimpin klasemen Grup E dengan 7 poin dari 3 laga. Mereka unggul atas Bayer Leverkusen (4 poin) yang ditahan AS Roma 4-4, BATE (3), dan Roma (2).

Susunan pemain: 

BATE Borisov: 16-Sergei Chernik, 33-Denis Polyakov, 3-Vitali Gaiduchik, 19-Nemanja Milunovic, 25-Filip Mladenovic, 22-Igor Stasevich, 8-Aleksandr Volodko, 10-Nemanja Nikolic (5-Evgeni Yablonski 65'), 42-Maksim Volodko (7-Aleksandr Karnitski 62'), 62-Mikhail Gordeichuk, 13-Nikolai Signevich
Pelatih: Alyaksandr Yermakovich

Barcelona: 1-Marc Andre Ter Stegen, 6-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba, 5-Sergio Busquets (28-Gerard Gumbau 72'), 14-Javier Mascherano, 20-Sergi Roberto (4-Ivan Rakitic 18'), 17-Munir El Haddadi (19-Sandro Ramirez 70'), 9-Luis Suarez, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Manuel De Sousa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com