Kompas.com - 16/10/2015, 20:03 WIB
(Dari kiri ke kanan) perwakilan dari Bobotoh, Ketua Sterring Committe Turnamen Piala Presiden 2015 Maruarar Sirait, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Ketua Umum Jakmania Richard Achmad Supriyanto, dan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jendral Tito Karnavian saat rapat koordinasi kesiapan pengamanan final Piala Presiden, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/10/2015) Kompas.com/Alsadad Rudi(Dari kiri ke kanan) perwakilan dari Bobotoh, Ketua Sterring Committe Turnamen Piala Presiden 2015 Maruarar Sirait, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Ketua Umum Jakmania Richard Achmad Supriyanto, dan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jendral Tito Karnavian saat rapat koordinasi kesiapan pengamanan final Piala Presiden, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/10/2015)
|
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertemu dengan Polda DKI dan Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil langsung kulo nuwun ke markas Persija Jakarta di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (16/10/2015) petang, demi kelancaran final Piala Presiden 2015.

Ridwan mendatangi markas Persija bersama dengan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar. Adapun Persija diwakili Ketua Jakmania Richard Ahmad. Pertemuan berlangsung santai.

Pertemuan ini dianggap bersejarah karena orang nomor satu di Kota Bandung ini mewakili bobotoh yang merupakan suporter fanatik Persib yang selama ini memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Jakmania.

"Saya ke sini untuk kulo nuwun ke Persija. Ini adalah perekat awal. Kita semua harus fokus pada prestasi. Jangan prestasi pas-pasan justru malah berantem," kata Ridwan.

Menurut dia, permasalahan yang ada saat ini harus segera dituntaskan dan inilah yang mendasarinya turun langsung demi membantu menyelesaikan masalah yang selama ini terjadi antara suporter Persib dan Persija.

"Banyak hal yang bisa dilakukan. Nyanyian yang selama ini provokatif harus dikikis. Menang tanpa harus menginjek orang. Kita semua harus memikirkan masalah prestasi," tutur Ridwan.

Dia menegaskan, jika pertandingan final Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC nanti sukses dan aman, maka akan menjadi tonggak kebangkitan persepakbolaan nasional termasuk hubungan antarsuporter. Bahkan, Ridwan mengaku siap memimpin langsung bobotoh melihat pertandingan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC dan akan menjadi promotor yang akan menyerahkan bobotoh ke Gubernur DKI Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketua Umum Jakmania Richard Ahmad mengatakan Jakmania dipastikan tidak hadir di stadion terbesar di Indonesia itu. Bahkan, ia telah berkoordinasi dengan seluruh korwil Jakmania untuk tidak melakukan gerakan yang merugikan.

"Mudah-mudahan enggak terjadi apa-apa. Yang jelas setiap korwil akan mengawasi anggotanya. Untuk jaminan keamanan itu porsinya pihak keamanan. Kami akan berusaha," katanya.

Kompas TV Izin Untuk Final, Ridwan Kamil Datangi Markas Persija

 

Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.