Singkirkan Arema, Sriwijaya Lolos ke Final Piala Presiden 2015

Kompas.com - 11/10/2015, 20:04 WIB
Piala Presiden 2015 Dok. Mahaka SportsPiala Presiden 2015
|
EditorAloysius Gonsaga AE

SOLO, KOMPAS.com - Sriwijaya FC lolos ke final Piala Presiden 2015 setelah tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut menang 2-1 (agregat 3-2) atas Arema Cronus pada pertandingan kedua semifinal Piala Presiden 2015 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (11/10/2015). Sriwijaya pun akan melawan Persib Bandung pada pertandingan final yang akan digelar pada 18 Oktober.

Bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama, Arema mengambil inisiatif serangan. Mereka wajib meraih kemenangan untuk meraih tiket final. Sementara Sriwijaya hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke final.

Arema pun tampil menekan sejak awal laga. Sriwijaya hanya terlihat bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik saat menguasai bola.

Singo Edan sempat mencetak gol pada menit ke-14. Namun, gol tersebut dianulir karena Cristian Gonzales dinilai sudah beada di posisi offside saat menanduk bola.

Setelah itu, Arema kesulitan mengembangkan permainannya. Laskar Wong Kito tampak mampu memberikan perlawan. Titus Bonai dan kawan-kawan sigap dalam meredam serangan Arema.

Sriwijaya sempat melepas ancaman melalui tendangan bebas Hyun Koo pada menit ke-39. Namun, kiper Arema, Kurnia Meiga, mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola dari tembakan Hyun Koo.

Gawang Arema akhirnya benar-benar kebobolan melalui tembakan Asri Akbar pada menit ke-42. Dari luar kotak penalti, Akbar dengan kaki kanannya melepas tembakan keras yang tak mampu dibendung Meiga. Gol ini membuat Arema semakin terancam karena tim pasukan Joko Susilo butuh dua gol untuk lolos ke final.

Saat pertandingan babak kedua berjalan dua menit, El Loco nyaris mencetak gol balasan dengan melepaskan tandukan keras dari umpan Benny Wahyudi. Namun, Gonzales harus gigit jari karena bola mampu ditangkap kiper Dian Agus.

Ancaman tersebut dibalas Patrich Wanggai melalui tandukan kerasnya pada menit ke-65. Apes, tandukan Wanggai masih melebar.

Arema masih dinaungi dewi fortuna. Arema mampu menyamakan kedudukan melalui gol Lancine Kone pada menit ke-74. Penyerang asal Pantai Gading tersebut mencetak gol dengan melepaskan tendangan salto memanfaatkan umpan dari sepak pojok.

Namun, Arema lengah. Sriwijaya mampu berbalik unggul melalui gol Musafri pada menit ke-79. Musafri mencetak gol dengan menanduk bola umpan terukur yang dilepaskan Rizsky Dwi Ramadhana. Gol ini merupakan gol perdana Musafri dan gol tersebut sekaligus memastikan kemenangan Sriwijaya dengan skor 2-1.

Keberhasilan Sriwijaya lolos ke final merupakan sebuah kejutan. Pasalnya, banyak kalangan yang memperkirakan bahwa final Piala Presiden akan mempertemukan Arema dengan Persib.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X