Jerman Takluk dari Irlandia, Polandia Tertahan

Kompas.com - 09/10/2015, 03:49 WIB
Aksi Jerome Boateng saat Jerman dijamu Republik Irlandia, Kamis (8/10/2015). TOBIAS SCHWARZ/AFPAksi Jerome Boateng saat Jerman dijamu Republik Irlandia, Kamis (8/10/2015).
EditorJalu Wisnu Wirajati


KOMPAS.com
- Jerman belum bisa memastikan langkah ke putaran final Piala Eropa 2016 lantaran kalah 0-1 di kandang Irlandia, Kamis (8/10/2015) malam atau Jumat dini hari WIB. Kemenangan itu juga membuat Irlandia menyamai poin Polandia.

Pada laga ini, Jerman yang telah mengumpulkan 19 poin sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk berada di posisi dua teratas grup alias tiket otomatis ke putaran final. Namun, semangat juang Irlandia membuat Der Panzer kesulitan memenuhi targetnya itu.

Shane Long menjadi pahlawan Irlandia pada laga tersebut. Tendangan menyilang dia pada menit ke-70 tak mampu diantisipasi Manuel Neuer dan menjadi pembeda hasil akhir kedua tim.

Kemenangan atas Jerman membuat Irlandia kini mengumpulkan 18 poin dari 9 pertandingan. Poin mereka sama dengan Polandia dan kalah selisih gol.

Pada laga di Glasgow, Polandia memupuskan Skotlandia yang berharap bisa menjaga peluang lolos ke Piala Eropa 2016 melalui play-off. Skotlandia ditahan imbang 2-2 oleh tamunya itu dan tertahan di peringkat ke-4 dengan 12 poin.

Robert Lewandowski membuat Polandia unggul lebih dulu pada menit ke-3. Namun, Skotlandia kemudian berbalik unggul lewat gol Matt Ritchie (45') dan Steven Fletcher (62').

Akan tetapi, harapan publik Skotlandia melihat timnya menjaga peluang lolos sirna. Kemenangan yang sudah di depan mata pupus lantaran gol Lewandowski pada pengujung laga.

Dengan hasil imbang 2-2 itu, Polandia tetap menjaga peluang lolos dengan berada di peringkat kedua. Mereka akan menjalani laga hidup mati di kandang sendiri melawan Irlandia pada 11 Oktober mendatang.

Langkah Jerman untuk lolos lebih ringan. Der Panzer "hanya" akan menjamu Georgia yang telah dipastikan lolos. Namun, mereka tetap wajib waspada karena Georgia dalam tren positif setelah menang 4-0 atas Gibraltar, Kamis malam.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X