Kompas.com - 04/10/2015, 08:03 WIB
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFPPelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, bakal menerapkan skema 4-3-3 saat menghadapi Real Madrid pada lanjutan La Liga di Stadion Vicente Calderon, Minggu (4/10/2015). Menurut Simeone, skema tersebut bakal meredam serangan Madrid dari sisi sayap.

Pada musim 2015-2016, Atletico lebih sering menggunakan formasi 4-4-2. Simeone baru mengubahnya saat Atletico melawan Benfica pada lanjutan Liga Champions, Rabu (30/10/2015). Ketika itu, Angel Correa dan Antoine Griezmann mengapit Jackson Martinez di lini depan Atletico.

Meski Atletico harus menelan kekalahan dari Benfica, Simeone tetap ingin mempertahankan formasi 4-3-3. "Kami mungkin menggunakan sistem tersebut saat melawan Madrid. Kami juga memenangi liga dengan formasi ini," kata Simeone.

Bukan tanpa alasan Simeone menerapkan formasi tersebut. Menurut Simeone, sisi sayap merupakan salah satu keunggulan Los Blancos.

Real Madrid memiliki Cristiano Ronaldo dan Isco yang biasa menyisir di kedua sisi. Dua pemain tersebut juga mendapat bantuan dari Dani Carvajal dan Marcelo yang gemar naik ke daerah lawan.

"Kami harus mengambil keuntungan dari permainan menyerang Madrid dan meredam serangan lawan dari sisi sayap. Kami juga perlu membatasi pergerakan Carvajal dan Marcelo," tutur Simeone.

Serangan dari sayap tak cuma menjadi keunggulan Real Madrid, tetapi juga Atletico Madrid. Berdasarkan catatan Whoscored, persentase serangan Atletico dari sisi kiri mencapai 39 persen, sedangkan dari sisi kanan 37 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.