Kompas.com - 02/10/2015, 17:43 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Penjaga gawang andalan Juventus, Gianluigi Buffon, tidak akan meraih gelar Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia 2015 versi FIFA. Pasalnya, nama Buffon tidak masuk dalam daftar 59 calon peraih gelar tersebut.

Salah satu media di Italia, Gazzetta dello Sport, langsung menulis berita menyangkut kabar tersebut dengan judul "Buffoonery", yang merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Arti dari kata buffoonery sendiri adalah lelucon.

Mengetahui berita tersebut, pelatih berkebangsaan Italia, Marcelo Lippi, pun merasa sepakat. Ia merasa heran dengan keputusan FIFA yang tidak menyertakan nama Buffon dalam daftar kandidat peraih Ballon d'Or.

"Saya tidak ingin menyinggung siapa pun, tetapi saya juga menganggap itu sebagai buffoonery (lelucon) ketika Buffon tidak masuk dalam 59 kandidat peraih Ballon d'Or," ujar Lippi kepada Calciomercato.it, Jumat (2/10/2015).

"Saya tidak mengerti dengan FIFA, dan saya tidak tahu kriteria yang mereka terapkan. Namun, saya tidak akan memberikan pendapat mengenai teknisnya," tambah Lippi.

Dengan terhapusnya nama Buffon, maka hanya ada dua pemain Italia yang tersisa dalam daftar calon peraih Ballon d' Or, yaitu Giorgio Chiellini (Juventus) dan Andrea Pirlo (New York City FC).

Seremoni pemilihan Ballon d'Or akan digelar pada 11 Januari 2016. Pemenang pada edisi sebelumnya adalah bintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang memenanginya dua tahun terakhir.

Selama tujuh tahun terakhir, hanya Ronaldo dan Lionel Messi yang mendominasi dan berbagi gelar tersebut. Ronaldo tiga kali menjadi pemenang, sedangkan bintang Barcelona, Messi, meraihnya sebanyak empat kali secara berturut-turut.

Tampaknya, gelar tersebut akan kembali jatuh ke Messi atau Ronaldo, jika melihat performa mereka sepanjang musim lalu. Ronaldo, meskipun gagal mengantarkan Madrid meraih satu gelar pun, tetap tampil sebagai top scorer Eropa. Sementara itu, Messi berhasil membawa Barca meraih treble alias tiga gelar bergengsi, yakni La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.