Belanda Kalah dari Islandia, Debut Buruk Blind dan Robben

Kompas.com - 04/09/2015, 04:09 WIB
Debut Arjen Robben sebagai kapten Belanda tak mulus saat menjamu Islandia, Kamis (3/9/2015). JOHN THYS/AFPDebut Arjen Robben sebagai kapten Belanda tak mulus saat menjamu Islandia, Kamis (3/9/2015).
EditorJalu Wisnu Wirajati


AMSTERDAM, KOMPAS.com
- Belanda kembali kalah dari Islandia pada kualifikasi Piala Eropa 2016, Kamis (3/9/2015) malan atau Jumat pagi WIB. Kekalahan ini menodai debut Arjen Robben sebagai kapten tim dan Danny Blind sebagai pelatih.

Kans Belanda untuk lolos sebagai juara Grup A juga kian terjepit lantaran. Selain itu, ini adalah kekakalahan kedua beruntun dari Islandia. Sebelumnya, pada duel di kandang Islandia, Belanda kalah 0-2 lantaran gol Gylfi Sigurdsson.

Pemain Swansea City itu kembali menjadi penentu kemenangan timnya atas Belanda pada laga di Amsterdam ArenA. Penalti dia pada menit ke-51 menjadi pembeda hasil akhir kedua tim. Penalti diberikan setelah Gregory van der Wiel melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Pada laga ini, Belanda harus bermain dengan 10 pemain lantaran Bruno Martins Indi dikartu merah pada menit ke-33. Kartu merah diberikan wasit lantaran dia terlihat melayangkan tangan kepada pemain lawan seusai berduel dan terjatuh.

Danny Blind yang menjalani debutnya sebagai pelatih lalu menarik keluar Klaas Jan Huntelaar dan memasukkan Jeffrey Bruma untuk memperkuat pertahanan. Praktis, lini depan Belanda tinggal menyisakan Memphis Depay karena 2 menit sebelum kartu merah Martins Indi, Robben ditarik keluar akibat cedera.

Serangan Belanda pun tumpul dan akhirnya kalah 0-1. Dengan kekalahan ini, posisi Belanda di peringkat ketiga memang masih aman. Namun, hanya dua tim teratas yang lolos otomatis ke Perancis 2016. Posisi ketiga harus terlebih dulu melakukan play-off dengan tim dari grup lain.

Islandia saat ini berada di puncak klasemen dengan 18 poin dari 7 laga. Posisi kedua ditempati Rep. Ceko atau Cheska yang menang 2-1 dengan perolehan 16 poin. Adapun Belanda, berada di posisi ketiga dengan 10 poin. Belanda terancam Turki dengan selisih hanya satu poin.


Susunan pemain

Belanda: 1-Jasper Cillessen, 2-Gregory Van Der Wiel, 3-Stefan de Vrij, 4-Bruno Martins Indi, 5-Daley Blind, 6-Davy Klaassen, 8-Georginio Wijnaldum (21-Quincy Prones), 10-Wesley Sneijder, 7-Memphis Depay, 9-Klaas-Jan Huntelaar (13-Jeffrey Bruma 40'), 11-Arjen Robben (17-Luciano Narsingh 31')

Pelatih: Danny Blind

Islandia: 1-Hannes Thor Halldorsson, 2-Birkir Mar Saevarsson, 6-Ragnar Sigurdsson, 14-Kari Arnason, 23-Ari Freyr Skulason, 7-Johann Berg Gudmundsson, 8-Birkir Bjarnason, 10-Gylfi Sigurdsson, 17-Aron Gunnarsson (20-Olafur Ingi Skualson), 9-Kolbeinn Sigthorsson (22-Eidur Gudjohnsen), 15-Jon Dadi Bodvarsson (11-Alfred Finnbogason)

Pelatih: Lars Lagerback & Heimir Hallgrimsson

Wasit: Milorad Mazic



Sumber Juara.net
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X