Kompas.com - 02/09/2015, 17:22 WIB
Bek Real Madrid, Sergio Ramos. AFP PHOTO / DANI POZOBek Real Madrid, Sergio Ramos.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Kapten Real Madrid Sergio Ramos memberikan nasehat kepada David de Gea. Pemain internasional Spanyol ini berharap kompatriotnya tersebut kembali bekerja keras dan fokus pada kariernya bersama Manchester United, setelah kisah transfernya berakhir tragis.

De Gea batal pindah ke Santiago Bernabeu pada Senin (31/8/2015) tengah malam waktu Spanyol, yang merupakan batas akhir transfer di negara tersebut. Saling tuding pun terjadi antara kedua klub, karena Madrid mengklaim MU sebagai biang kegagalan transfer karena terlambat menyelesaikan semua urusan administrasi, begitu pun sebaliknya, MU menyalahkan Los Blancos.

Soal kegagalan tersebut, Ramos, yang sempat masuk radar MU selama bursa transfer sebelum dia memperpanjang kontrak di Bernabeu, menyatakan pendapatnya. Mantan pemain Sevilla ini berharap De Gea tak larut oleh kejadian yang menyesakkan tersebut.

"Aku tidak berbicara kepada De Gea dan aku tidak tahu apa yang sedang dia pikirkan, tetapi hidup terus berjalan. Tak ada orang yang mati," ujar Ramos, seperti dilaporkan Marca.

"Sekarang dia harus tetap bekerja pada level yang tinggi seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Dia termasuk salah satu kiper hebat."

"Ini menjadi musim panas yang sulit baginya karena menyangkut masa depannya dan keluarganya."

Ramos pun berbicara soal Keylor Navas, yang menurut rencana awal masuk bagian transfer De Gea dari Old Trafford ke Bernabeu. Bek tengah ini berharap Navas tetap tenang dan percaya diri, setelah nyaris pindah ke MU.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kiper asal Kosta Rika tersebut menjadi pilihan utama pelatih Rafael Benitez pada awal musim ini. Tetapi seiring keinginan kuat Madrid membeli De Gea, ada spekulasi yang menyebutkan Navas sebenarnya "tak penting" sehingga bakal tersingkir. Inilah yang membuat Ramos angkat bicara.

"Madrid memiliki dua kiper yang hebat," ujar Ramos. "Aku tidak bisa mengatakan apapun tentang seorang pemain yang tidak bermain untuk Madrid. Itu akan menimbulkan rasa tidak hormat (kepada Navas dan Kiko Casilla).

"Aku bahagia dengan para pemain yang kami miliki. Keylor harus tenang. Dia sudah bermain dan merasakan kasih sayang para fans ketika melawan Real Betis."

"Pemain yang tidak bersama Madrid (De Gea) bukan pemain yang saya komentari. Madrid berada di jalur yang benar. Masih ada ruang untuk perbaikan dan maju. Kami berharap tetap berada di jalur yang bagus ini dan kehilangan sedikit poin. Kami di jalur yang benar."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.