Kompas.com - 02/09/2015, 07:00 WIB
Kevin De Bruyne saat memamerkan kostum Manchester City bernomor punggung 17. Dok. Manchester CityKevin De Bruyne saat memamerkan kostum Manchester City bernomor punggung 17.
|
EditorOkky Herman Dilaga


KOMPAS.com
- Pasar transfer musim panas 2015 untuk Premier League telah ditutup pada Selasa (1/9/2015). Kepindahan Anthony Martial dari AS Monaco ke Manchester United menjadi cerita penutup pada hari terakhir. Dengan nilai 50 juta euro (sekitar Rp 793,8 miliar), Martial langsung masuk jajaran pemain termahal Premier League khusus musim panas tahun ini.

Seiring kedatangan Martial, nilai pengeluaran Manchester United melonjak jadi 139,5 juta euro. Namun, tim asuhan Louis van Gaal bukanlah klub dengan total pengeluaran terbesar. Predikat tersebut dipegang oleh Manchester City dengan nilai 203,38 juta euro atau menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah klub.

Nilai belanja The Citizens terdongkrak oleh Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Nicolas Otamendi. Dua nama pertama berhasil memecahkan rekor transfer sepanjang sejarah klub. Ketiganya juga bergabung dengan Martial dalam kategori lima besar pemain termahal Premier League.

Transaksi transfer di kasta teratas Inggris melibatkan 362 pemain. Total 20 klub harus menggelontorkan 1,17 miliar euro (sekitar Rp 18,6 triliun) untuk menebus pemain sebanyak itu. Adapun, nilai pendapatan 20 tim Premier League dari penjualan pemain hanya mencapai 587 juta euro.

Nilai pengeluaran Premier League pada musim panas tahun ini melahirkan rekor baru. Sebelumnya, catatan tertinggi untuk 20 klub Premier League terjadi pada musim panas 2014, yaitu 1,05 miliar euro.

Untuk aspek pengeluaran, Premier League juga menjadi yang tertinggi dibandingkan semua liga. Serie A bertengger di posisi kedua dan diikuti La Liga. Namun, untuk nilai pengeluaran, Serie A tak sampai separuh Premier League.

Berikut ini adalah sepuluh transfer termahal Premier League pada bursa musim panas 2015:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kevin De Bruyne (Manchester City, 75 juta euro)
2. Raheem Sterling (Manchester City, 62,5 juta euro)
3. Anthony Martial (Manchester United, 50 juta euro)
4. Christian Benteke (Liverpool, 46,5 juta euro)
5. Nicolas Otamendi (Manchester City, 44,6 juta euro)
6. Roberto Firmino (Liverpool, 41 juta euro)
7. Morgan Schneiderlin (Manchester United, 35 juta euro)
8. Son Heung-min (Tottenham Hotspur, 30 juta euro)
9. Memphis Depay (Manchester United, 27,65 juta euro)
10. Pedro Rodriguez (Chelsea, 27 juta euro)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.