Kompas.com - 01/09/2015, 23:06 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Real Madrid tampaknya mengalami dua kerugian akibat gagal menggaet David de Gea dari Manchester United. Pasalnya, Los Blancos bukan cuma tak berhasil mendapatkan kiper internasional Spanyol tersebut. Namun, raksasa Liga Spanyol ini pun harus kehilangan uang sebesar 10 juta euro (sekitar Rp 158,594 miliar).

Menurut laporan, Madrid berjanji akan memberikan uang tersebut kepada De Gea sebagai kompensasi jika mereka tak berhasil mendatangkan mantan kiper Atletico Madrid itu sebelum penutupan bursa transfer. Ternyata, Los Blancos benar-benar harus gigit jari karena transfer itu tak terealisasi.

Perpindahan De Gea dari Old Trafford ke Santiago Bernabeu batal terjadi pada Senin (31/8/2015), yang merupakan batas akhir transfer di Spanyol. Menurut Madrid, Manchester United menjadi penyebab kegagalan transfer itu karena terlambat mengirim dokumen untuk FIFA dan LFP.

AS melaporkan, Los Blancos membuat sebuah perjanjian dengan De Gea bahwa apabila mereka tidak bisa menyelesaikan transfernya sebelum tengah malam pada 31 Agustus, maka pemain tersebut akan menerima 10 juta euro.

Tidak diketahui apa langkah yang akan diambil selanjutnya karena kontrak De Gea habis pada musim panas 2016, dan dia bisa pindah dengan status bebas transfer. Akan tetapi, Madrid pun sedang dalam ancaman embargo transfer dari FIFA, seperti yang sedang dialami rival abadinya, Barcelona, akibat membeli pemain di bawah umur. Sejauh ini, Madrid membantah laporan seputar kemungkinan embargo.

De Gea belum pernah bermain bagi MU pada awal musim ini setelah didepak manajer Louis van Gaal, menyusul ketidakpastian masa depannya. Dengan kegagalan transfernya, De Gea kemungkinan besar akan tetap menjadi penghangat bangku cadangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.