Kompas.com - 30/08/2015, 16:46 WIB
Suporter Bonek 1927 unjuk rasa di depan kantor Radio Gen FM di Surabaya. KOMPAS.com/Achmad FaizalSuporter Bonek 1927 unjuk rasa di depan kantor Radio Gen FM di Surabaya.
|
EditorTri Wahono
SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan suporter Bondo Nekad (Bonek) 1927 berunjuk rasa menyerbu kantor Radio Gen FM di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (30/8/2015). Radio Gen FM menjadi sasaran aksi karena termasuk usaha perusahaan Mahaka Grup, promotor turnamen Piala Presiden 2015.

"Kami hanya menyampaikan aspirasi protes karena Mahaka Grup, selaku promotor turnamen Piala Presiden 2015 menyertakan klub Persebaya United sebagai salah satu peserta turnamen, padahal nama Persebaya masih dalam sengketa," kata koordinator aksi, Andie Peci.

Unjuk rasa di sejumlah usaha milik grup Mahaka di Surabaya itu menurutnya adalah jalan terakhir, setelah komunikasi pihaknya dengan pihak promotor turnamen, PSSI, maupun Menpora buntu.

"Pemakaian nama Persebaya melawan kebenaran sejarah, dan melawan hukum, karena saat ini masih sengketa di Pengadilan Negeri," terangnya.

Selain menggelar orasi, ribuan Bonek yang menggunakan atribut serba hijau itu juga menyanyikan Lagu dan yel-yel layaknya sedang menonton pertandingan Persebaya di stadion.

Para penunjuk rasa membubarkan diri setelah pihak manajemen Gen FM memberikan pernyataan sikap. Heri Setiawan Pranoto, perwakilan Radio Gen FM dalam pernyataan sikapnya mengaku, usahanya tidak ada kaitannya dengan penyelenggaraan turnamen sepak bola Piala Presiden, meski usahanya di bawah naungan perusahaan Grup Mahaka.

"Tapi kami mendukung sikap Bonek 1927, yang menolak Persebaya United ikut dalam turnamen," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, selain menyerbu Radio Gen FM, suporter Bonek juga menyasar sejumlah lokasi usaha Mahaka di Surabaya seperti Resto Hanamasa di Jalan Gubeng Pojok, dan Jalan Embong Malang, dealer Toyota di Jalan Ahmad Yani, Resto Pronto di Jalan Gubeng, Radio Gen FM di Jalan Ahmad Yani, dan Electronic City di Plasa Cito Jalan Ahmad Yani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.