Van Persie Lengser, Robben Kapten Timnas Belanda

Kompas.com - 29/08/2015, 00:10 WIB
Ekspresi penyerang Belanda, Arjen Robben, setelah mendapatkan medali peringkat ketiga Piala Dunia. Belanda menjadi second runner-up setelah menang 3-0 atas Brasil, di Estadio Nacional, Braslia, Sabtu (12/7/2014). VANDERLEI ALMEIDA / AFPEkspresi penyerang Belanda, Arjen Robben, setelah mendapatkan medali peringkat ketiga Piala Dunia. Belanda menjadi second runner-up setelah menang 3-0 atas Brasil, di Estadio Nacional, Braslia, Sabtu (12/7/2014).
EditorAloysius Gonsaga AE
AMSTERDAM, Kompas.com - Arjen Robben menggantikan Robin van Persie sebagai kapten tim nasional Belanda. Demikian pernyataan pelatih baru Danny Blind pada Jumat (28/8/2015), setelah mengumumkan anggota tim untuk pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Islandia dan Turki bulan depan.

"Saya tidak membuat pilihan berdasarkan basis kualitas sepak bola mereka," ujar Blind dalam pernyataan yang dirilis oleh asosiasi sepak bola Belanda KNVB.

"Perihal bimbingan dan kepemimpinan mereka terhadap rekan-rekan setimnya, Van Persie dan Robben tidak inferior satu sama lain. Mereka memiliki dua kepribadian yang berbeda."

"Saat ini saya memerlukan pemimpin untuk menjadi begitu menonjol di lapangan. Saya telah meminta kepada Robin untuk menjadi wakil kapten dan gembira karena ia telah menerima peran itu."

Van Persie telah menjadi kapten selama dua tahun terakhir, termasuk pada Piala Dunia di Brasil tahun lalu. Mantan striker Arsenal dan Manchester United ini mengambil alih posisi tersebut pada situasi serupa ketika pelatih sebelumnya, Louis van Gaal, merasa ia akan menjadi pemimpin yang lebih baik daripada Wesley Sneijder, yang masih masuk skuad Oranye.

"Saya telah melakukan pembicaraan yang bagus dengan pelatih yang ingin memilih kaptennya sendiri. Dan saya selalu berkata Arjen, seperti yang dilakukan pemain-pemain lainnya," kata Van Persie.

Blind mengambil alih tanggung jawab pelatih timnas dari Guus Hiddink, dan akan melakukan debutnya pada Kamis depan melawan Islandia di Amsterdam pada pertandingan kualifikasi Grup A. Tiga hari berselang, Belanda bertemu Turki di Konya, ketika mereka bertekad naik dari posisi ketiga klasemen sementara untuk mendapatkan tiket otomatis menuju Piala Eropa tahun depan di Perancis.

Sang pelatih baru telah memangkas timnya dari susunan pekan lalu yang berjumlah 31 menjadi 23 pemain, termasuk mengikutsertakan dua bek minim pengalaman Jairo Riedewald dan Kenny Tete. Dia pun mengonfirmasi kembalinya pemain Newcastle United Vurnon Anita, yang terakhir kali memperkuat Belanda pada 2010.

Skuad Belanda:

Kiper: Jasper Cillessen (Ajax Amsterdam), Tim Krul (Newcastle United), Jeroen Zoet (PSV Eindhoven)

Bek: Daley Blind (Manchester United), Jeffrey Bruma (PSV Eindhoven), Stefan de Vrij (Lazio), Terence Kongolo (Feyenoord), Bruno Martins Indi (FC Porto), Jairo Riedewald, Kenny Tete (keduanya dari Ajax Amsterdam), Gregory van der Wiel (Paris Saint-Germain)

Gelandang: Ibrahim Afellay (Stoke City), Vurnon Anita (Newcastle United), Davy Klaassen (Ajax Amsterdam), Wesley Sneijder (Galatasaray), Georginio Wijnaldum (Newcastle United).

Penyerang: Luuk de Jong (PSV Eindhoven), Memphis Depay (Manchester United), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04), Luciano Narsingh (PSV Eindhoven), Quincy Promes (Spartak Moscow), Arjen Robben (Bayern Muenchen), Robin van Persie (Fenerbahce).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X