Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora: FIFA Segera Kirim Tim ke Jakarta

Kompas.com - 21/08/2015, 16:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta semua pihak bersabar terkait penataan kembali sepak bola nasional karena tidak lama lagi Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan mengirimkan timnya ke Jakarta. Tim itu bertugas menyelidiki secara langsung apa yang terjadi pada sepak bola Indonesia.

Hal itu disampaikan Imam ketika berpidato pada pengukuhan Pengurus Pusat Asosiasi Street Soccer Indonesia, Kamis (20/8), di Jakarta. Imam meminta maaf kepada para pemain, pelatih, dan semua pihak yang terganggu akibat kisruh dunia sepak bola Indonesia.

"Tidak ada niatan sedikit pun dari saya untuk menghentikan ini semua (liga). Tetapi, ini semua dilakukan dalam rangka melihat dan menatap sepak bola yang lebih baik. Karenanya, kepada para pemain, pelatih, berilah masukan. Ini yang sedang kami negosiasikan dengan FIFA," ujarnya.

Imam menegaskan, FIFA harus memberikan ruang yang lebih luas bagi lahirnya statuta federasi baru sepak bola Indonesia. Pemerintah akan bekerja sama dan terlibat dalam proses ini.

"Pemerintah ingin mendorong, dan tentu ujungnya adalah (meningkatkan) prestasi sehingga semuanya harus ada komunikasi dan koordinasi yang baik. Tidak boleh lagi ada (pihak) yang mengatakan pemerintah haram cawe-cawe. Sebab, saya konsisten bahwa sepak bola adalah alat pemersatu republik yang kita cintai ini," ujarnya.

Imam meminta semua pihak bersabar karena dirinya terus berkomunikasi dengan FIFA. "Sebentar lagi FIFA akan menurunkan tim investigasi bersama pemerintah, baru setelah itu akan kita ambil sebuah keputusan. Ke depan, saya berharap federasi kita ini, PSSI, diisi oleh orang-orang yang mengerti lahir batin dan cinta lahir batin pada sepak bola kita," ujarnya sambil menegaskan, sepak bola jangan lagi dijadikan sebagai alat politik.

Ketika ditanya kapan tim FIFA itu akan datang ke Indonesia, Imam menjelaskan, mudah-mudahan FIFA dan AFC akan datang sebelum Oktober.

"Pada momentum itu akan kita sampaikan beberapa soal yang terkait keterlibatan pemerintah untuk mendukung majunya sepak bola Indonesia. FIFA adalah lembaga yang menaungi sepak bola dunia. Karenanya, kita akan menjelaskan kepada FIFA agar informasinya tidak sepenggal-sepenggal," ujar Imam. (OKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com