Kompas.com - 18/08/2015, 15:53 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati


LONDON, KOMPAS.com
- Per Mertesacker menganggap kesalahan yang dibuat Petr Cech dalam dua laga pertama Premier League bersama Arsenal sebagai sebuah kewajaran.

Pada pekan perdana melawan West Ham United, Minggu (9/8/2015), Arsenal kalah 0-2 di Stadion Emirates. Gol pertama Arsenal pada laga tersebut terjadi saat Cech coba memotong bola silang lawan. Adapun pada gol kedua, kiper asal Rep. Ceko itu gagal mengantisipasi tendangan Mauro Zarate dari luar kotak penalti.

Satu pekan berselang, Arsenal memang menang 2-1 atas Crystal Palace, Minggu (16/8/2015). Akan tetapi, Cech lagi-lagi harus kemasukan lewat tendangan jarak jauh Joel Ward.

"Bahkan seorang pemain berpengalaman pun bisa saja berbuat kesalahan. Namun, aku yakin Cech akan kembali tangguh. Dia merupakan pembelian penting untuk memperkuat tim ini," kata Mertesacker.

Di mata Mertesacker, Cech tidak hanya berpengalaman. Dia menilai Cech ikut memberi masukan saat di lapangan maupun di luar lapangan perihal kelemahan Arsenal. Di kamar ganti, menurut Mertesacker, Cech membangkitkan kepercayaan diri para pemain lain.

Bek asal Jerman itu juga menerangkan bahwa tak mudah bagi seorang penjaga gawang di klub baru untuk bisa langsung menyatu dalam berkoordinasi lini pertahanan dengan para pemain belakang.

"Di Premier League, interaksi antara kiper dan empat pemain bertahan haruslah sangat baik. Namun, hal itu butuh waktu," ujar Mertesacker.

"Cech datang dan harus mencoba memahami dari awal. Kami saling berkomunikasi dan saling pengertian. Kami juga punya ambisi sama. Bagiku, bekerja sama dengan dia merupakan hal luar biasa," tutur kapten The Gunners itu.

Pekan ketiga, tantangan Cech dan Mertesacker bakal semakin berat. The Gunners akan menjamu Liverpool di Stadion Emirates, Senin (24/8/2015). Berbeda dengan Arsenal, The Reds mengawali dua pekan pertama Premier League musim ini dengan rekor tak kemasukan.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GOAL


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.