Kompas.com - 31/07/2015, 01:07 WIB
Presiden UEFA, Michel Platini. AFPPresiden UEFA, Michel Platini.
EditorAloysius Gonsaga AE
KUALA LUMPUR, Kompas.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyatakan dukungan kepada Michel Platini untuk menggantikan Sepp Blatter sebagai Presiden FIFA. Ini membuat Platini kian kuat menjadi favorit untuk memimpin badan tertinggi sepak bola dunia tersebut.

AFC berharap Platini dapat berperan dalam transisi di badan sepak bola dunia setelah periode Blatter yang dilanda skandal korupsi. Buktinya, ada sejumlah pejabat FIFA yang ditangkap dua hari menjelang kongres pada 30 Mei lalu, yang kembali dimenangkan oleh Blatter.

Dukungan dari AFC ini merupakan hal penting bagi Platini, yang sekarang menjabat sebagai Presiden UEFA. Dengan demikian, dia bisa lebih mantap maju pada pemilihan yang dilakukan saat kongres luar biasa di Zurich, Swiss, 26 Februari 2016.

Sebenarnya, Blatter sudah terpilih untuk periode kelima, saat kongres akhir Mei lalu. Tetapi hanya berselang empat hari, pria asal Swiss tersebut menyatakan diri mundur, sehingga FIFA harus menggelar kongres luar biasa.

Platini pun mengambil kesempatan untuk bertarung pada pemilihan nanti. Mantan gelandang Juventus dan legenda sepak bola Perancis tersebut secara resmi menyatakan akan maju dalam pencalonan tersebut, Rabu (29/7/2015).

"Kami tentunya mencatat keputusan Michel Platini untuk maju. Dia diharapkan bisa mengembalikan stabilitas FIFA di masa sulit ini," demikian pernyataan AFC mengutip penuturan ketuanya, Sheikh Salman Bin Ibrahim Al Khalifa, Kamis (30/7).

Sheikh Salman mengimbau seluruh 47 anggota AFC untuk tetap bersatu mendukung satu calon.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.