Kompas.com - 26/07/2015, 08:05 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

CHESTER, KOMPAS.com - Amerika Serikat dipermalukan Panama dalam perebutan posisi ketiga Piala Emas 2015, Sabtu malam atau Minggu (26/7/2015) pagi WIB.  

Selaku tuan rumah. AS sama sekali gagal mendapatkan medali, bahkan perunggu sekalipun. Padahal, Sam’s Army pun berstatus sebagai juara bertahan. 

Menghadapi Panama yang dikalahkan di final Piala Emas 2013, AS kalah adu penalti 2-3. Penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang waktu normal. 

Panama unggul lebih dulu pada menit ke-55 melalui Roberto Nurse. Lima belas menit berselang, Dempsey mencetak gol ke-7-nya pada ajang ini untuk membuat skor imbang 1-1.

Pada adu tendangan penalti, hanya dua eksekutor pertama AS yang sukses menjalankan tugasnya, Aron Johannsson dan Dempsey. Setelah itu, Fabian Johnson, Michael Bradley, dan DeMarcus Beasley gagal. 

Kiper Panama, Lucas Meija, menjadi pahlawan lantaran sukses menggagalkan penalti Bradley dan Beasley. Sementara itu, dari empat eksekutor Panama, hanya Armando Cooper yang gagal. Tiga lainnya sukses menjalankan tugasnya. 

Panama pun menang 3-2 melalui adu penalti. Kemenangan ini sekaligus membalas dendam kekalahan 0-1 dari AS pada final dua tahun lalu. 

Finis di posisi keempat merupakan catatan terburuk AS sepanjang sejarah Piala Emas. Prestasi terburuk AS sebelumnya adalah peringkat ketiga pada Piala Emas 2003. Selain itu, Sam’s Army selalu lolos ke final, termasuk saat menjadi juara pada dua tahun lalu. 

Gelar milik AS itu akan diperebutkan oleh Jamaika dan Meksiko pada final Piala Emas 2015 yang akan dilangsungkan pada Minggu malam atau Senin (27/7/2015) dini hari WIB. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.