Kompas.com - 18/07/2015, 17:54 WIB
Steven Gerrard dengan kostum latihan LA Galaxy. FREDERIC J. BROWN/AFPSteven Gerrard dengan kostum latihan LA Galaxy.
EditorJalu Wisnu Wirajati
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Steven Gerrard menjalani debut di Liga Mayor Amerika Serikat (MLS) bersama LA Galaxy pada laga Derbi Kalifornia versus San Jose Earthquakes, Jumat malam atau Sabtu (18/7/2015) pagi WIB. 

Debut itu terasa spesial bagi Gerrard. Selain laga tersebut berstatus derbi, Gerrard juga berjasa mengantarkan timnya bangkit dari ketinggalan 0-2 hingga memenangi laga dengan skor 5-2. 

Galaxy tertinggal lebih dulu 0-2 lantaran dua gol Quincy Amarikwa pada menit ke-22 dan ke-25. Lima menit setelah gol kedua Amarikwa, Gerrard turut andil dalam penciptaan gol penalti oleh Robbie Keane. Dialah yang membuat Galaxy dianugerahi penalti. Tujuh menit berselang, Gerrard membuat skor sama kuat 2-2. 

Gerrard jualah yang menjadi kreator gol bagi Keane sehingga Galaxy berbalik unggul pada menit ke-64. Bermula dari tendangan bebas Gerrard, Keane kembali menjebol gawang Earthquakes untuk kedua kalinya. 

Pemain yang menggunakan pelindung betis The Reds pada laga ini juga sempat mendapatkan dua peluang. Namun, satu tembakan mengenai mistar dan satunya lagi dianulir wasit. 

Keane kemudian mencetak hat-trick pada menit ke-80 melalui titik putih. Selang beberapa saat, Gerrard ditarik keluar oleh pelatih Bruce Arena dan mendapatkan aplaus dari para penonton. Sebastian Lietget kemudian mengunci kemenangan Galaxy menjadi 5-2 pada pengujung laga. 

Seusai pertandingan, Gerrard mengungkapkan kegembiraannya. Dia mengaku senang menjalani laga pertamanya di MLS dengan kemenangan. 

“Aku merasa masih bisa lebih tajam lagi. Saat ini, kondisi fisikku hampir fit 100 persen,” kata Gerrard seusai pertandingan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada pertengahan babak kedua, pelatih Bruce Arena sebenarnya berteriak kepada Gerrard untuk menanyakan kondisinya. Namun, dia mengaku tak mendengar kata-kata Arena. 

“Aku seperti anak kecil yang tak mau diganti. Aku ingin bermain sepak bola selama mungkin. Salah satu alasan saya bergabung karena ingin bermain selama mungkin,” tutur Gerrard

“Aku merasa masih punya energi. Aku masih menyukai pertandingan. Aku menikmati saat latihan dan bisa beradaptasi dengan baik,” ujar dia. 

Laga melawan Earthquakes merupakan debut Gerrard pada laga MLS. Akhir pekan lalu, dia pertama kali berkostum Galaxy pada laga International Champions Cup (ICC) 2015 melawan America CF. Selasa (14/7/2015), dia menjalani debut pada laga resmi ketika menjadi pemain pengganti saat Galaxy kalah dari Real Salt Lake di Piala AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.