Kompas.com - 15/07/2015, 08:31 WIB
EditorAry Wibowo
JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Eksekutif PSSI siap menjalankan kembali Kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan beberapa turnamen lain setelah Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengeluarkan putusan perihal Surat Keputusan Menpora Nomor 01307 tahun 2015 tentang Pembekuan PSSI.

Exco PSSI, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/7/2015), menyatakan telah menginstruksikan PT Liga Indonesia agar mempersiapkan dan menyusun tahapan pelaksanaan ISL dan Divisi Utama musim kompetisi 2015/2016. Turnamen-turnamen itu rencananya bakal digelar pada Oktober 2015.

"PSSI juga akan meneruskan kembali program Football Development sebagai bagian inti dari pembinaan dan pengembangan sepak bola Indonesi yang meliputi agenda pendidikan dan pelatihan teknik, pengembangan anggota PSSI, serta peningkatan infrastruktur," demikian pernyataan resmi Exco PSSI.

PSSI juga bakal menyiapkan dan menyusun kembali jadwal kompetisi amatir dan kelompok umur untuk musim kompetisi 2015-16 yang meliputi Liga Nusantara, Piala Soeratin, dan U-15 Nasional. Setelah itu, PSSI akan mempersiapkan pembentukan ofisial tim nasional Indonesia serta program pemusatan latihan dengan menyesuaikan kalender kegiatan timnas.

"Terakhir, PSSI akan melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah terkait dan Kepolisian RI sebagai bagian dari rencana program dan kegiatan PSSI," lanjut pernyataan tersebut.

Majelis Hakim PTUN yang dipimpin oleh Hakim Ujang Abdullah, Selasa (14/7/2015), memenangkan gugatan PSSI atas Kemenpora. Menurut pertimbangan Majelis Hakim, penerbitan SK itu bertentangan dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik, antara lain asas profesionalisme, proporsionalitas, dan di luar kewenangan.

Dalam amar putusannya, hakim juga memerintahkan Kemenpora sebagai pihak tergugat untuk segera mencabut SK tersebut. Selain itu, Kemenpora juga diwajibkan membayar biaya perkara yang timbul sebesar Rp277 ribu.

Meski begitu, Menpora Imam Nahrawi sudah mengonfirmasi bahwa telah mengajukan banding atas putusan itu. Menurut dia, Kemenpora hingga saat ini belum berencana untuk mencabut SK pembekuan PSSI. [Baca: Reaksi Menpora Setelah PTUN Menangkan Gugatan PSSI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.