Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balas Dendam, Rekor Gol, dan Gelar Juara Dunia Tim Putri AS

Kompas.com - 06/07/2015, 07:54 WIB
VANCOUVER, KOMPAS.com - Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Wanita 2015 setelah pada laga final di Stadion BC Place, Minggu malam atau Senin (6/7/2015) pagi WIB, mengalahkan juara bertahan Jepang 5-2.

Kemenangan AS ini diwarnai penciptaan rekor gol oleh Carli Lloyd. Kapten AS itu menjadi pencetak gol tercepat sekaligus hat-trick pertama pada final Piala Dunia Wanita.

Lloyd hanya butuh waktu kurang dari tiga menit untuk bisa menjebol gawang Ayumi Kaihori. Dua menit berselang, Lloyd mencetak gol keduanya pada laga ini.

Derita Jepang belum berhenti. Lauren Holiday mengubah skor menjadi 3-0 ketika pertandingan memasuki menit ke-13.

Lloyd lantas menorehkan namanya sebagai pencetak hat-trick pertama pada final Piala Dunia Wanita ketika menjebol gawang Kaihori pada menit ke-16. Gol ini sangat spektakuler karena dilesakkan Lloyd dari tengah lapangan.

Setelah Yuki Ogimi memperkecil keadaan pada menit ke-27, asa Jepang mengejar AS kian meninggi setelah Julie Johnston melakukan gol bunuh diri pada menit ke-52.

Akan tetapi, harapan Jepang untuk mengejar itu kembali tergerus setelah Tobin Heath mengubah skor menjadi 5-2, satu menit setelah gol bunuh diri Johnston. 

Tak ada gol tambahan tercipta pada sisa laga. Tim putri AS menjuarai Piala Dunia Wanita 2015 setelah menang 5-2 atas Jepang.

Bagi AS, gelar ini merupakan yang ketiga diraih setelah 1991 dan 1999. Kemenangan atas Jepang ini juga sekaligus membalas kekalahan empat tahun silam. Pada final Piala Dunia Wanita 2011, AS kalah adu penalti dari Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com