Kompas.com - 30/06/2015, 05:32 WIB
Salah satu ekspresi pelatih tim nasional Belanda Guss Hiddink, ketika menyaksikan pertandingan persahabatan antara timnya dan Meksiko, di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Rabu (12/11/2014). Laga itu berakhir 3-2 untuk Meksiko. AFP PHOTO/Emmanuel DunandSalah satu ekspresi pelatih tim nasional Belanda Guss Hiddink, ketika menyaksikan pertandingan persahabatan antara timnya dan Meksiko, di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Rabu (12/11/2014). Laga itu berakhir 3-2 untuk Meksiko.
EditorAry Wibowo
AMSTERDAM, KOMPAS.com - Melalui situs resminya, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan kerja sama dengan pelatih Guus Hiddink terhitung per 1 Juli 2015.

Hiddink menjabat sebagai pelatih Belanda seusai perhelatan Piala Dunia Brasil 2014. Pelatih berusia 68 tahun itu menggantikan peran Louis van Gaal yang bergabung dengan Manchester United.

Namun, Hiddink dinilai gagal mengangkat performa Belanda pada kualifikasi Piala Eropa 2016. Belanda saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan poin 10 dari enam laga, tertinggal lima poin dari Islandia.

"Guus Hiddink dan KNVB, Senin (29/6/2015), sepakat untuk mengakhiri kontrak pelatih tim nasional per 1 Juli," demikian pernyataan resmi KNVB.

Hiddink pun mengaku tidak masalah kontraknya diputus oleh KNVB. "Saya meminta maaf harus pergi dengan cara seperti ini. Menurut saya adalah sebuah kehormatan bisa menjadi pelatih tim nasional Belanda lagi."

"Saya berharap penerus saya, staf, dan para pemain, sukses dalam perjalanannya menuju Piala Eropa di Perancis," tambahnya.

Sementara itu, Direktur KNVB, Bert van Oostven, mengatakan, "Saya menyesal dengan perkembangan seperti ini. Sayangnya, hasil kinerja Guus di sini belum terasa bagi semua orang. Namun, kami tetap berterima kasih kepada Guus atas segala upayanya."Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.