Kompas.com - 28/06/2015, 06:51 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati
CONCEPCION, KOMPAS.com — Tim nasional Brasil tersingkir setelah kalah melalui drama adu penalti dari Paraguay pada pertandingan perempat final Copa America 2015, Sabtu malam atau Minggu (28/6/2015) pagi WIB. Kedua tim harus melakoni adu penalti lantaran bermain imbang 1-1 pada waktu normal.  

Brasil sebetulnya unggul lebih dulu berkat gol Robinho saat laga baru berjalan 15 menit. Gol bermula dari penetrasi Dani Alves di sisi kiri pertahanan Paraguay. Bek Barcelona tersebut dengan cepat melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Robinho yang berdiri bebas dengan mudah mencocor bola masuk ke gawang lawan.

Akan tetapi, keunggulan tim Samba sirna setelah Thiago Silva melakukan kesalahan fatal dengan melakukan handsball pada menit ke-70. Silva dinilai menyentuh bola dengan tangannya saat berebut bola di udara dengan Cruz. Derlis Gonzalez yang maju sebagai algojo berhasil menaklukkan kiper Jefferson.

Gol Gonzalez memaksa Brasil melakoni adu penalti setelah skor 1-1 bertahan hingga waktu normal. Adu penalti berjalan dramatis. Di kubu Brasil, Everton Ribeiro dan Douglas Costa gagal mengeksekusi penalti. Alhasil, Brasil tersingkir setalah kalah adu penalti dengan skor 3-4.  

Kekalahan Brasil kali ini seolah mengulang kegagalan pada Copa America 2011. Saat itu, mereka juga kalah adu penalti dari Paraguay.

Pada pertandingan semifinal, Paraguay akan melawan Argentina, Senin (30/6/2015).

Adu tendangan penalti:

1-0 Fernandinho (masuk)
1-1 Osvaldo Martinez (masuk)
1-1 Everton Ribeiro (melenceng)
1-2 Victor Cáceres (masuk)
2-2 Miranda (masuk)
2-3 Raul Bobadilla (masuk)
2-3 Douglas Costa (melambung)
2-3 Roque Santa Cruz (melambung)
3-3 Philippe Coutinho (masuk)
3-4 Derlis Gonzalez (masuk)

Susunan Pemain
Brasil: 1-Jefferson; 2-Dani Alves, 3-Miranda, 6-Filipe Luis, 14-Thiago Silva; 5-Fernandinho, 8-Elías, 19-Willian (Douglas Costa 60); 21-Philippe Coutinho, 11-Roberto Firmino (Diego Tardelli 69), 20-Robinho (Everton 87)
Pelatih: Carlos Dunga

Paraguay: 1-Justo Villar; 2-Ivan Piris, 4-Pablo Aguilar, 5-Bruno Valdez , 14-Paulo Da Silva; 10-Derlis González, 11-Edgar Benítez (Oscar Romero 84), 15-Victor Cáceres, 22-Eduardo Aranda (Martinez 77); 9-Roque Santa Cruz, 18-Nelson Valdez
Pelatih: Ramon Diaz

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.