Kalah dari Thailand, Indonesia Hadapi Vietnam pada Perebutan Perunggu

Kompas.com - 13/06/2015, 21:27 WIB
Kiper timnas U-23, Teguh Amiruddin. Fernando Randy/BOLAKiper timnas U-23, Teguh Amiruddin.
EditorJalu Wisnu Wirajati
SINGAPURA, KOMPAS.com — Indonesia gagal melangkah ke final cabang sepak bola SEA Games setelah tim nasional U-23 kalah 0-5 dari Thailand pada semifinal di Stadion Nasional, Sabtu (13/6/2015). Kekalahan telak itu tak lepas dari koordinasi lini belakang Indonesia yang buruk. 
 
Thailand betul-betul tampil dominan pada laga ini, seolah-olah para pemain Indonesia tak diberi napas untuk mengembangkan permainan. Nurul Sriyankem menjadi motor kemenangan Thailand dalam mengalahkan Indonesia. 
 
Aksi individual Nurul dalam mengecoh tiga pemain bertahan Indonesia pada menit ke-13 menjadi awal petaka bagi Indonesia. Meski tendangan dia sempat ditahan kiper Teguh Amiruddin, bola muntahnya langsung disambar Rungrat Phumichantuk. 
 
Nurul yang dijuluki “Lionel Messi dari Thailand” menjadi kreator gol kedua bagi negaranya pada menit ke-29, ketika umpan sepak pojoknya diselesaikan oleh tandukan Thitiphan Puangjan. Skor 2-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir. 
 
Enam menit babak kedua berjalan, bola sundulan Rungrat yang tak terkawal barisan pertahanan Indonesia mengubah skor menjadi 3-0. Gol itu tercipta berkat umpan silang Nurul dari sisi kiri pertahanan Indonesia. 
 
Lima menit berselang, Narubadin Weerawatnodom mengubah skor menjadi 4-0. Dia berhasil memanfaatkan bola sapuan para pemain bertahan Indonesia yang mengarah ke dirinya. 
 
Sempat membuang sejumlah peluang, Thailand menambah pundi-pundi golnya menjadi lima lewat tendangan Chanathip Songkrasin pada menit ke-89. Kembali, kesalahan koordinasi di lini belakang menjadi penyebab. 
 
Ada empat pemain Thailand yang bisa mengobrak-abrik 7 pemain bertahan Indonesia. Bahkan, saat Chanathip melepaskan tembakan, tiga pemain Indonesia tak sigap menutupnya. 
 
Skor akhir 5-0 untuk kemenangan Thailand atas Indonesia. Dengan hasil pada semifinal ini, Indonesia gagal membalas kekalahan dari Thailand pada final SEA Games 2013 di Myanmar. Saat itu, Thailand menang tipis 1-0 atas Indonesia. 
 
Thailand melangkah ke final dan akan menantang Myanmar yang beberapa jam sebelumnya menang 2-1 atas Vietnam. Indonesia dan Vietnam akan memperebutkan medali perunggu di Stadion Nasional, Senin (15/6/2015). Laga final juga berlangsung di stadion tersebut, beberapa jam setelah duel Indonesia vs Vietnam. 
 
 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.