Belanda Menang, Islandia Geser Ceko di Puncak Klasemen

Kompas.com - 13/06/2015, 03:49 WIB
Pemain Belanda Luciano Narsingh (kiri) berebut bola dengan pemain Latvia Kaspars Gorkss (tengah) dan Vitalijs Maksimenko dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2015 di Grup A, Jumat (12/6/2015), di Riga. AFP/ILMARS ZNOTINS Pemain Belanda Luciano Narsingh (kiri) berebut bola dengan pemain Latvia Kaspars Gorkss (tengah) dan Vitalijs Maksimenko dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2015 di Grup A, Jumat (12/6/2015), di Riga.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Belanda menguak asa merangsek ke papan atas klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016 setelah menang 2-0 atas tuan rumah Latvia di Stadions Skonto, Riga, Jumat (12/6/2015) malam waktu setempat atau Sabtu (13/6) dini hari WIB. Dua gol kemenangan The Oranje dicetak Georginio Wijnaldum dan Luciano Narsingh.

Tambahan tiga poin pada matchday keenam ini membuat Belanda mengumpulkan total 10 poin. Mereka masih berada di peringkat ketiga, terpaut lima poin dari Islandia, yang berhasil mengalahkan Ceko dengan skor 2-1, sehingga berhak menduduki peringkat teratas (Ceko turun ke urutan kedua dengan raihan 13 poin).

Meskipun diunggulkan, tetapi Belanda sempat kesulitan membobol gawang lawan. Terbukti, hingga babak pertama usai tak ada gol yang tercipta. Padahal, pasukan besutan Guus Hiddink ini mendominasi pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang, seperti yang diperoleh Memphis Depay dan Wesley Sneijder.

Kerja keras Belanda membuahkan hasil di paruh kedua. Pada menit ke-67, Wijnaldum memecah kebuntuan Negeri Kincir Angin ini lewat sontekannya memanfaatkan assist Sneijder. Meskipun mendapat kawalan ketat dari pemain belakang tuan rumah, Wijnaldum bisa mencocor bola ke sisi kiri gawang tanpa bisa dihalau kiper Andris Vanins.

Tak perlu waktu yang lama bagi Belanda untuk menggandakan keunggulan. Hanya empat menit berselang, giliran Narsingh yang mengoyak jala Latvia, memanfaatkan umpan Stefan de Vrij.

Tampaknya Sneijder tak beruntung dalam pertandingan ini sehingga gagal mempersembahkan gol. Bagaimana tidak, dia dua kali tak bisa mencatatkan namanya di papan skor karena dua peluangnya terbentur tiang gawang, tepatnya pada menit ke-20 dan 81.

Sementara itu pada pertandingan lain di grup ini, Turki menang 1-0 atas Kazakhstan. Ini membuat persaingan menuju putaran final di Perancis tahun depan menjadi kian seru lantaran Turki, yang kini di urutan keempat, pun tetap memiliki peluang karena hanya tertinggal dua poin dari Belanda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X