Kompas.com - 12/06/2015, 00:53 WIB
Direktur Komunikasi FIFA, Walter De Gregorio. VALERIANO DI DOMENICO / AFPDirektur Komunikasi FIFA, Walter De Gregorio.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

ZURICH, KOMPAS.com — Walter De Gregorio harus menanggalkan jabatannya sebagai Direktur Komunikasi FIFA pada Kamis (11/6/2015). Keputusan itu ditetapkan setelah De Gregorio melontarkan candaan terkait organisasi yang tengah diguncang skandal korupsi tersebut.

Dalam sebuah acara televisi di Swiss, Selasa (9/6/2015), De Gregorio mengatakan, "Presiden, Sekjen, Direktur Komunikasi FIFA sedang berada di dalam sebuah mobil. Siapa yang menyetir? Polisi."

Tak ada reaksi dari para pejabat teras FIFA setelah komentar De Gregorio ini. Padahal, penuturan De Gregorio menghiasi halaman utama sejumlah media di Swiss.

Akan tetapi, dua hari berselang, FIFA langsung memutuskan nasib De Gregorio. Tanpa menyinggung komentar sebelumnya di televisi, FIFA mengumumkan pengunduran diri De Gregorio.

"Walter De Gregorio memutuskan untuk melepaskan jabatannya sebagai Direktur Komunikasi FIFA," demikian bunyi pernyataan resmi FIFA.

"De Gregorio bergabung dengan FIFA pada 14 September 2011 dan akan terus berkonsultasi dengan FIFA hingga akhir tahun. Deputinya, Nicolas Maingot, akan melanjutkan pekerjaannya sebagai pejabat interim," demikian lanjutan dalam pernyataan tersebut.

Menilik susunan kata dalam pengumuman FIFA, tak ada indikasi mengenai pemecatan De Gregorio. Namun, Martyn Ziegler dari Press Association menangkap hal lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya mendengar De Gregorio dipecat setelah bercanda di televisi Swiss," demikian bunyi kicauan Martyn di akun Twitter miliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.