Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora: Presiden Perintahkan Turnamen Dimulai 2 Agustus

Kompas.com - 08/06/2015, 19:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan bahwa pemerintah akan menggelar turnamen Piala Kemerdekaan mulai 2 Agustus 2015. Turnamen itu digelar berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo.

"Bahwa Pak Presiden sudah memerintahkan saya untuk menyegerakan kompetisi atau turnamen ini untuk segera jalan. Kita akan memulai itu pada 2 Agustus untuk Piala Kemerdekaan dan Piala Presiden," kata Imam, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Imam menuturkan, peserta turnamen itu adalah klub perserikatan. Tiap klub yang mendaftar akan mendapat uang pembinaan Rp 100 juta. Sedangkan hadiah yang diperebutkan mencapai total Rp 10 miliar.

"Juara pertama Rp 5 M, juara kedua Rp 3 M, juara ketiga Rp 2 M," ucap Imam.

Ia melanjutkan, kompetisi untuk klub profesional juga akan digelar dalam waktu dekat. Pendaftaran terbuka untuk semua klub profesional yang ingin mengikuti kompetisi. Untuk operator yang akan menjalankan kompetisi profesional, Imam mengaku akan segera menyampaikannya.

Kompetisi klub profesional ia harap mendapatkan dukungan dari sponsor BUMN dan swasta. "Silakan klub yang ingin bersama memutar liga ini kita akan membuka diri," ucap politisi PKB itu.

Selanjutnya, kata Imam, Kemenpora juga akan segera menggelar turnamen usia U-13, U-15, U-17, dan U-19. Turnamen itu ditargetkan sudah digelar setelah Bulan Suci Ramadan. Kemenpora juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menggelar liga pendidikan pada November 2015, dan liga mahasiswa pada Desember 2015.

"Ini perintah Presiden yang harus dilaksanakan oleh Kemenpora," tutur Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com