Kompas.com - 08/06/2015, 10:30 WIB
Qatar diumumkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 pada Desember 2010. BBCQatar diumumkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 pada Desember 2010.
EditorJalu Wisnu Wirajati

ZURICH, KOMPAS.com - Penyelidikan skandal korupsi yang menimpa sejumlah pejabat tinggi FIFA terus berlanjut. Lantaran kasus tersebut, status Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia juga ikut terancam. 

Pada 2010 lalu, Rusia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan Qatar untuk Piala Dunia 2022. Namun, terkait skandal korupsi FIFA yang tengah diselidiki oleh Biro Investigasi Federal (FBI) dan otoritas Pemerintah Swiss, proses pemilihan dua tuan rumah Piala Dunia itu rawan korupsi. 

Andai benar demikian, status Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia bisa dicabut. “Andai ada bukti bahwa suara itu dibeli, pemilihan itu bisa batal,” kata Domenico Scala, ketua komite independen penyelidikan dan audit FIFA. “Namun, sejauh ini, bukti itu belum ada.” 

Sebelumnya, FIFA juga terlibat dalam jual beli suara untuk pemilihan Perancis dan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 1998 dan 2010. Hal ini diucapkan mantan anggota Komite Eksekutif FIFA, Chuck Blazer

Pernyataan Blazer tersebut diterbitkan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat di New York pada Rabu (3/6/2015). Blazer yang juga mantan Sekretaris Jenderal CONCACAF mengakui dua tuduhan penyuapan.

Skandal korupsi ini juga membuat Sepp Blatter mundur dari kursi Presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015). “Saya mundur untuk melindungi FIFA sebagai sebuah institusi dan sepak bola secara umum. Saya melakukan ini untuk mengurangi tekanan kepada FIFA,” ujar dia

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.