Kompas.com - 04/06/2015, 18:29 WIB
David Beckham PeopleDavid Beckham
EditorTri Wahono


KOMPAS.com — Mantan kapten tim nasional Inggris, David Beckham, melayangkan kecamannya terhadap FIFA atas berbagai tuduhan korupsi yang menurutnya memalukan.

"Sejumlah hal yang kita tahu terjadi adalah sesuatu yang tidak pantas, tidak dapat diterima, dan berdampak buruk bagi olahraga yang kita cintai bersama," tutur Beckham kepada Sky Sports.

Beckham mengeluarkan pernyataan bernada keras tersebut pada Rabu (3/6/2015) sembari menyerukan perubahan besar-besaran kepada FIFA.

"Sepak bola tidak hanya dimiliki oleh sejumlah individu di pucuk pimpinan. Sepak bola dimiliki oleh jutaan orang di seluruh dunia yang mencintai olahraga ini," lanjut Beckham.

"Sudah waktunya bagi FIFA untuk berubah, dan kita semua harus menyambut perubahan ini," tambahnya.

Mantan pemain tengah Manchester United dan Real Madrid ini merupakan salah satu pendukung utama upaya Inggris sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, yang kemudian kalah dari Rusia.

Skandal korupsi di tubuh FIFA menjadi sorotan utama setelah enam pejabat eksekutif FIFA ditangkap saat menghadiri sidang tahunan pemilihan presiden baru. Mereka bersama 14 orang lainnya diduga terlibat kasus korupsi senilai 100 juta dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasus tersebut semakin ramai setelah adanya laporan mengenai keterlibatan Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke dalam korupsi di lembaga sepak bola dunia tersebut. Sementara itu, Selasa (2/6/2015), Presiden FIFA Sepp Blatter secara mengejutkan mengundurkan diri dari jabatannya, hanya empat hari setelah terpilih kembali untuk masa jabatan kelima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.