Kompas.com - 03/06/2015, 21:00 WIB
Sepp Blatter mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015). AFP PHOTO / VALERIANO DI DOMENICOSepp Blatter mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Anak perempuan Sepp Blatter, Corinne Blatter, membela sang ayah dari tuduhan korupsi di tubuh FIFA. Corinne menegaskan, keputusan Sepp Blatter mundur dari jabatan Presiden FIFA tidak ada kaitan dengan penyidikan yang sedang dilakukan oleh Kejaksaan New York.

Blatter mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (2/6/2015) atau empat hari setelah kembali terpilih sebagai Presiden FIFA. Alasannya, Blatter merasa tak mendapat dukungan dari publik sepak bola. [Baca: Apa Kata Dunia soal Mundurnya Blatter]

Menjelang pengumuman tersebut, penyidikan Kejaksaan New York menguatkan dugaan keterlibatan Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke. Terungkap sebuah dokumen rahasia yang menyatakan, seorang petinggi FIFA diduga mengirim dana 10 juta dollar AS dari FIFA ke akun milik Jack Warner, Presiden CONCACAF pada 2008. [Baca: Surat Skandal Korupsi FIFA Bocor, Dugaan Valcke Terlibat Makin Kuat]

"Keputusannya tidak ada hubungan sama sekali dengan tuduhan yang beredar. Ayah saya adalah orang jujur dan telah mendedikasikan hidupnya untuk sepak bola. Melalui keputusan ini, ia ingin melindungi kita dan keluarganya," ungkap Corinne.

Corinne mengaku sedih sekaligus lega setelah pengunduran diri sang ayah. Ia turut meminta publik turut mengapresiasi dedikasi Blatter selama empat dekade terakhir. "Saya berharap, baik ayah maupun sepak bola dunia kembali tenang," tandasnya.

Sebagai konsekuensi atas pengunduran diri Blatter, Komite Eksekutif FIFA ditugaskan menggelar Kongres Luar Biasa untuk memilih presiden baru. Pangeran Ali bin Al Hussein yang sempat bersaing dengan Blatter pada pemilihan presiden sebelumnya, telah menyatakan kesiapan untuk maju kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.