Kompas.com - 03/06/2015, 20:14 WIB
|
EditorAry Wibowo

KOMPAS.com - Mantan pemain timnas Brasil, Zico, mengaku siap mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA setelah Sepp Blatter resmi mengundurkan diri, Selasa (2/6/2015). Sosok yang dikenal dengan sebutan "Pele Eropa" itu mengaku optimistis lantaran punya latar belakang kuat di bidang manajemen olahraga.

Menurut The Guardian, FIFA akan menggelar kongres luar biasa untuk memilih presiden baru pada kurun waktu Desember 2015 hingga Maret 2016. Sejauh ini, hanya Pangeran Ali bin Al Hussein yang sudah menyatakan kesiapannya untuk menggantikan posisi Blatter.

"Mengapa tidak? Istri saya selalu mendukung sepak bola. Saya juga sempat menjadi Menteri Olahraga Brasil dan punya pengalaman dengan klub saya (CFZ de Brasilia) serta memberi dukungan kepada Kashima (Antlers)," ungkap Zico.

"Saya selalu berpikir bahwa sepak bola harus berada di atas politik. Saya memang belum mendapatkan dukungan. Tetapi, jika peluang terbuka, saya akan melamar (menjadi presiden FIFA)," tambahnya.

Mantan Presiden Brasil, Fernando Collor de Mello, sempat menunjuk Zico sebagai Menteri Olahraga pada 1998. Namun, ia hanya bertahan selama tiga bulan menjabat sebagai menteri karena gagasannya untuk memodernisasi sepak bola Brasil ditolak parlemen.

Zico saat ini berstatus sebagai pelatih klub asal India, FC Goa. Pada 2014, mantan pemain Flamengo dan Udinese itu sukses mengantarkan FC Goa menjadi runner-up  India Super League.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.